ASEAN dan Kanada Semakin Memperkuat Komitmen Bersama dalam Rangka 40 Tahun Kerja Sama Kemitraan ASEAN-Kanada di Tahun 2017

 

asean_edit“Indonesia mengusulkan tiga hal utama dalam kerja sama penanggulangan pandemi dan bencana antara ASEAN dan Kanada. Pertama, perlunya mekanisme pencegahan bencana yang memuat proses mitigasi, kontigensi, dan rehabilitasi. Kedua, perlunya peningkatan kapasitas dan fasilitasi tenaga personel di kawasan. Ketiga, pentingnya latihan penanggulangan bencana bersama, serta saling tukar pengetahuan dan informasi”, demikian disampaikan M.I. Derry Aman, Direktur Mitra Wicara dan Antar Kawasan (MWAK), Kementerian Luar Negeri RI, mewakili Ketua SOM ASEAN-Indonesia, dalam Pertemuan 12th ASEAN-Canada Dialogue di Vancouver, Kanada, tanggal 10-12 Mei 2015.

Isu penanganan bencana merupakan salah satu isu prioritas dalam kerjasama kemitraan ASEAN dan Kanada. Komitmen Kanada untuk mendukung ASEAN di bidang ini diwujudkan melalui kontribusi sebesar CAD 10 juta untuk periode 2013-2017 melalui Integrated Disaster Risk Management Fund.

Selain penanganan bencana, berbagai bidang kerjasama kemitraan penting ASEAN-Kanada telah dibahas dalam pertemuan tingkat pejabat tinggi ini (SOM). Beberapa bidang kerjasama dimaksud antara lain perkembangan terkini di ASEAN dan Kanada; perkembangan kerja sama kemitraan ASEAN-Kanada, termasukPlan of Action 2016-2020; serta isu-isu regional dan internasional, seperti Countering Extremism and Radicalization, Engaging Major Powers: Implications for ASEAN and Canada, Improving Cooperation on Pandemic and Disaster Preparedness, Global Economic Situation, dan Regional Security Situation.

Assistant Deputy Minister (ADM) Kementerian Luar Negeri, Perdagangan, dan Pembangunan Kanada, sebagai Ketua SOM Kanada, menyampaikan bahwa ASEAN merupakan mitra penting, tidak hanya terkait ekonomi, perdagangan dan investasi, namun juga politik-keamanan, dan sosial budaya.

Arti penting ASEAN bagi Kanada juga tercermin dari telah terbentuknya Perwakilan/Kedutaan Besar Kanada di delapan negara anggota ASEAN. Pada tahun 2015 ini, Kanada akan membuka dua Perwakilan baru yaitu di Laos dan Kamboja serta Misi Kanada untuk ASEAN di Jakarta. Menteri Luar Negeri, Perdagangan dan Pembangunan Kanada juga telah mengunjungi seluruh negara anggota ASEAN dan berperan aktif dalam ASEAN Business Forum.

Dalam rangka menyongsong peringatan 40 tahun kerja sama kemitraan ASEAN-Kanada pada tahun 2017 yang akan datang, Indonesia melalui penyusunan Plan of Action periode tahun 2016-2020 memfokuskan kerjasama kemitraan ASEAN-Kanada pada bidang kerja sama penanganan bencana alam, pendidikan, pertanian dan ketahanan pangan, konektivitas, hak asasi manusia, perlindungan wanita dan anak, penguatan usaha kecil dan menengah (UKM), penanggulangan terorisme serta kejahatan transnasional.

Selain pembahasan upaya pendalaman dan perluasan kerja sama kemitraan ASEAN-Kanada, pertemuan juga diisi dengan presentasi dari para ahli dari programMaster of Public Policy and Global Affairs, University of British Columbia (UBC) di Vancouver, jamuan makan malam dengan President and Vice-Chancellor UBC, kunjungan ke Museum Antropologi UBC serta kunjungan ke pelabuhan laut terbesar Kanada di Vancouver yaitu, Port Metro dan Delta Port.

Pertemuan 12th ASEAN-Canada Dialogue dihadiri oleh seluruh negara anggota ASEAN, Kanada, dan Sekretariat ASEAN serta dipimpin bersama oleh ADM Kementerian Luar Negeri, Perdagangan, dan Pembangunan Kanada dan Ketua SOM ASEAN-Singapura selaku country coordinator kerjasama kemitraan ASEAN-Kanada. Delegasi RI dipimpin oleh Direktur MWAK, Kementerian Luar Negeri RI, didampingi oleh pejabat/staf dari Direktorat MWAK, PTRI ASEAN, KBRI Ottawa dan KJRI Vancouver.

Mengutip pernyataan pembuka Ketua SOM Kanada bahwa “Kanada adalah salah satu negara Pasifik, dan melihat ASEAN sebagai organisasi kawasan yang aktif, profesional dan berkelanjutan”, ASEAN dan Kanada sepakat akan pentingnya peningkatan kerja sama di masa mendatang, khususnya dalam rangka peringatan 40 tahun kerja sama kemitraan ASEAN-Kanada pada tahun 2017. (Sumber: Dit. MWAK)

You may also like...