Seminar “Your Passport and Your Chequebook” di Vancouver Public Library

P1000624   P1000612   P1000616   P1000639Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional tanggal 2 Mei 2015, Persatuan Masyarakat Indonesia di British Columbia (Permai BC) bekerja sama dengan KJRI Vancouver telah menyelenggarakan seminar “Your Passport and Your Chequebook” di Vancouver Public Library.

Seminar terbagi 2 (dua) sesi yaitu sesi finansial dan keimigrasian. Narasumber pada seminar tersebut adalah Samuel Raharjo, konsultan finansial di Financial Literacy Counsel Inc. yang menyampaikan paparan dengan tema “Financial Literacy 101 and Retirement Planning” serta Kartika Wisjnu-Lim, Registered Canadian Immigration Consultant (RCIC) yang memberikan materi kebijakan keimigrasian Kanada dengan tema “Immigration for Students and Maple Card Holders” (kartupermanent resident).

Pada sesi Financial Literacy, narasumber memaparkan materi pengelolaan keuangan yang disesuaikan dengan sistem perbankan dan perpajakan di Kanada. Sesi kedua mengenai keimigrasian, narasumber memberikan paparan antara lain kebijakan Express Entry, Temporary Foreign Worker, Permanent Resident vs Citizenship dan Family Sponsorship.

Peserta seminar yang hadir adalah WNI yang terdiri dari kalangan mahasiswa, caregivers, dan WNI pekerja profesional pemegang resident permit maupun yang sedang dalam proses aplikasi permanent resident. Pada sesi tanya jawab, isu keimigrasian mendominasi pertanyaan yang diajukan peserta dan pada umumnya digunakan peserta untuk konsultasi teknis proses aplikasi untuk menjadi permanent resident.

Narasumber dalam seminar tersebut merupakan diaspora Indonesia yang aktif dalam berbagai kegiatan baik yang diselenggarakan oleh KJRI Vancouver maupun organisasi masyarakat. Paparan yang yang disampaikan mendapat apresiasi positif dari peserta karena materi yang informatif dan kedua narasumber membuka peluang untuk konsultasi lebih lanjut.

 

You may also like...