Pertemuan Tahunan ke-24 Asia Pacific Parliamentary Forum (APPF) di Vancouver

Kota Vancouver menjadi tuan rumah Pertemuan Tahunan ke-24 Asia Pacific Parliamentary Forum (APPF). Forum yang berlangsung pada tanggal 16-21 Januari 2016 tersebut diikuti oleh 27 negara anggota dari kawasan Asia Pasifik, termasuk Indonesia.

Delegasi DPR RI berjumlah 7 orang, dipimpin oleh Wakil Ketua DPR, Fadli Zon dan Ketua BKSAP, Nurhayati Ali Assegaf. Turut hadir dalam Forum tersebut delegasi DPD RI yang dipimpin oleh Wakil Ketua DPD, Farouk Muhammad, Duta Besar RI Ottawa, Konsul Jenderal, dan staf KJRI Vancouver serta wakil dari Kementerian Luar negeri.

APPF adalah forum Parlemen negara-negara Asia Pasifik yang dibentuk pada tahun 1991 oleh 9 negara. Indonesia sebagai salah satu negara pendiri pernah menjadi tuan rumah APPF ke-14 yang diselenggarakan di Jakarta tahun 2006.

APPF dibuka secara resmi pada tanggal 18 Januari 2016 oleh Hon. Donald N. Plett, Senator and President of the APPF Executive Committee. Pada pertemuan tahun ini, APPF mengusung tema Memperkuat Kemitraan untuk Kemakmuran, Keamanan, dan Pertumbuhan (Strengthened Partnership for Prosperity, Security, and Growth). Pertemuan terbagi dalam tiga sesi yang membahas berbagai masalah, yaitu tinjauan atas aspek keamanan-stabilitas kawasan, aspek ekonomi-perdagangan, dan aspek peningkatan kerjasama kawasan.

Pada APPF ke-24 terdapat agenda pembahasan baru yaitu Women Parliamentary Forum yang ditujukan untuk meningkatkan intensitas dialog dan kolaborasi atas berbagai issue penting, terkait keterlibatan aktif para anggota parlemen wanita dari masing-masing negara. Pertemuan tersebut merupakan salah satu agenda penting dan baru pertama dilaksanakan di APPF  yang merupakan usulan dari Parlemen Indonesia dalam APPF ke-23 di Ekuador pada tahun 2015.

Di sela-sela pertemuan, delegasi DPR RI maupun DPD RI juga melaksanakan beberapa pertemuan bilateral, antara lain dengan Kanada, Tiongkok, Jepang, Fiji, Malaysia dan Filipina.

You may also like...