Tari Golek Manis dan Legong Bali Memukau Mahasiswa University of British Columbia


Read in Bahasa / English

Pada tanggal 17 Maret 2016, sekitar 30 mahasiswa pada Kelas Asia 304, Department of Asian Studies UBC mendapat kesempatan untuk menyaksikan dan mengenal lebih dekat kesenian tari tradisional Indonesia. Kelas Asia 304 merupakan kelas undergraduate studies yang berada di bawah Department of Asian Studies, Faculty of Arts – UBC. Dosen pengajar Asia 304 adalah Profesor Thomas Hunter yang juga mengajar kelas Sejarah Sanskerta pada semester musim dingin di Department of Asian Studies.

Dalam kesempatan tersebut, KJRI Vancouver menampilkan Tari  Golek Manis dari Jawa Tengah dan Tari Legong dari Bali yang dibawakan oleh staf KJRI dan mahasiswi Indonesia. Selain menyaksikan  kedua tarian tersebut, mahasiswa pada kelas Asia 304 juga memperoleh paparan tentang ornamen yang digunakan oleh para penari serta filosofi yang mendasari berbagai gerakan yang ditampilkan dalam tarian tersebut.

Dalam sesi diskusi, mahasiswa dalam Kelas Asia 304 menunjukkan ketertarikannya sebagaimana terlihat dari banyaknya tanggapan dan pertanyaan terkait makna dari gerakan serta aksesori yang dikenakan para penari.

Menginjak sesi penghujung kelas, para penari mengajak para mahasiswa untuk secara langsung  memperagakan sebagian gerakan pada kedua tarian, langsung ditanggapi antusias oleh para mahasiswa.

You may also like...