Peringatan Nuzulul Qur’an, Ajang Meningkatkan Ibadah Masyarakat Muslim Indonesia di Vancouver


Suasana Ramadhan sebagaimana di tanah air tetap dirasakan masyarakat muslim Indonesia di kota Vancouver, Provinsi British Columbia, Kanada. Panjangnya waktu berpuasa saat musim panas di wilayah bagian barat Kanada, sekitar 18 jam, tidak mengurangi semangat masyarakat muslim Indonesia dalam rangka memuliakan bulan suci Ramadhan dengan tetap aktif dalam kegiatan ibadah.

Memasuki harike-20 bulan puasa Ramadhan, KJRI Vancouver beserta masyarakat muslim Indonesia di Vancouver dan sekitarnya pada tanggal 25 Juni 2016 menyelenggarakan peringatan Nuzulul Quran. Dalam sambutannya, Konjen RI Vancouver, menyampaikan bahwa sepertiga  terakhir bulan Ramadhan penuh dengan keistimewaan karena dalam salah satu malam tersebut terdapat Lailatul Qadr,  yaitu malam yang lebih baik dari seribu bulan. Lebih lanjut Konjen RI mengajak agar masyarakat dapat mengambil hikmah serta mengamalkan Al Qur’an dalam kehidupan sehari-hari

Dalam acara peringatan Nuzulul Qur’an ini, KJRI bersama masyarakat muslim Indonesia menyelenggarakan berbagai aktivitas lomba, antara lain lomba menghafal Al Qur’an dan lomba melukis kaligrafi, yang diikuti oleh anak-anak dan remaja masyarakat muslim Indonesia di Vancouver dan sekitarnya. Sebagai bagian acara peringatan Nuzulul Qur’an, turut diperdengarkan pula alunan ayat-ayat suci Al Qur’an.

Acara yang dihadiri oleh kurang lebih 100 masyarakat Indonesia tersebut juga dimanfaatkan untuk mendengarkan siraman rohani yang disampaikan oleh Ustad Fouad Abbasy, Head of Muslim Association of Canada (MAC) Vancouver. Dalam ceramahnya, Ustad Abasy mengajak umat Islam untuk memperbanyak ibadah terutama sholat malam, memperbanyak hafalan Al Qur’an dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Lebih lanjut, umat Islam juga dituntut agar terus meningkatkan ibadah dalam 10 hari terakhir bulan Ramadhan sehingga memperoleh pahala Lailatur Qadr dan saat selesai Ramadhan akan menjadi pribadi yang lebih baik. Acara peringatan Nuzulul Qur’an kemudian ditutup dengan buka puasa bersama dan Shalat Maghrib berjamaah.

You may also like...