Halal Bihalal, Pengobat Rindu Masyarakat Indonesia di Vancouver


Read in Bahasa / English

Sudah menjadi kelaziman bagi masyarakat Indonesia pada perayaan hari Raya Iedul Fitri melakukan silaturahmi. Demikian pula halnya dengan masyarakat Indonesia di Vancouver yang hadir pada acara halal bihalal yang diselenggarakan oleh KJRI Vancouver. Sekitar kurang lebih 250 tamu undangan yang memadati Wisma Indonesia pada acara halal bihalal tesebut, terdiri dari berbaga kalangan baik warga muslim maupun non muslim.

Konjen RI beserta seluruh jajaran staf KJRI Vancouver dalam kesempatan tersebut menyambut masyarakat yang datang ke Wisma. Setelah bersalam-salaman dan bersilaturahmi dalam suasana hangat dan penuh rasa kekeluargaan, masyarakat selanjutnya menikmati jamuan makanan khas Indonesia yang telah dipersiapkan.

Acara Halal Bihalal ini menjadi ajang reuni masyarakat Indonesia untuk melepas kangen sembari mencicipi hidangan khas Indonesia. Beberapa anggota masyarakat Indonesia sudah menetap bertahun-tahun di Vancouver, merasa terkesan karena walaupun jauh dari tanah air namun dengan Halal Bihalal yang diselenggarakan oleh KJRI Vancouver, rasa rindu tanah air dapat terobati setelah bertemu sesama warga masyarakat Indonesia dan dapat menikmati hidangan lebaran khas Indonesia. Dalam kesempatan yang penuh dengan suasana keakraban tersebut, beberapa diaspora Indonesia yang berdomisili di Vancouver dan Victoria turut memeriahkan suasana dengan kolaborasi alat musik organ dan akustik, memainkan lagu-lagu seperti “Bengawan Solo”, “Suwe Ora Jamu” dan “Ilir-Ilir”.

Halal Bihalal merupakan salah satu kegiatan KJRI Vancouver dalam rangkaian aktivitas di bulan Ramadhan. Sebelumnya KJRI Vancouver telah menyelenggarakan berbagai kegiatan, antara lain buka puasa bersama masyarakat, peringatan Nuzulul Qur’an dan Sholat Iedul Fitri.

You may also like...