Provinsi British of Columbia, Kanada Sambut Positif Hubungan Bilateral dengan Indonesia


Read in Bahasa / English

Premier Provinsi British Columbia (BC), Hon.Christy Clark,  menyampaikan ucapan selamat kepada Pemerintah dan rakyat Indonesia atas hari ulang tahun kemerdekaan Indonesia yang ke-71, demikian disampaikan Hon. Marc Dalton, Member of Legislative Assembly untuk wilayah Maple Ridge-Mission, BC, yang bertindak sebagai guest of honour dalam acara resepsi diplomatik yang diselenggarakan oleh KJRI Vancouver dalam rangka peringatan HUT RI ke-71. Pemerintah Provinsi BC menyambut baik perkembangan positif dalam hubungan bilateral dengan Indonesia di berbagai sektor, khususnya perdagangan. Indonesia dinilai memiliki posisi strategis di kawasan Asia Tenggara mengingat beberapa keunggulan yang dimiliki,  antara lain luas wilayah yang membentang dari ujung timur ke barat, jumlah penduduk yang besar dan didominasi angkatan muda, serta keanggotaan Indonesia di berbagai organisasi internasional, seperti G20. Pertumbuhan ekonomi yang stabil juga mendorong peningkatan hubungan BC-Indonesia dalam beberapa tahun terakhir, yang ditandai dengan pembukaan kantor perwakilan dagang Provinsi BC di Jakarta.

Sebelumnya Konsul Jenderal RI Vancouver, Sri Wiludjeng, dalam sambutannya antara lain menyampaikan bahwa kondisi perekonomian Indonesia menunjukan perkembangan yang positif, ditandai angka pertumbuhan ekonomi pada triwulan I dan 2 tahun 2016 yang mencapai  4,91 % dan 5,18%, di atas rata-rata pertumbuhan ekonomi global dan negara-negara berkembang pada umumnya. Dalam kaitannya dengan Provinsi BC, Konsul Jenderal menyampaikan penghargaan atas dukungan Pemerintah BC terhadap berbagai kegiatan KJRI Vancouver yang sangat kondusif untuk menunjang pelaksanaan tugas dan fungsi Perwakilan. Pembukaan kantor perwakilan dagang Provinsi BC di Jakarta dinilai sangat  tepat, tidak saja untuk peningkatan hubungan BC dengan Indonesia namun juga dengan negara-negara ASEAN lainnya. Lebih lanjut Konsul Jenderal juga mendorong berbagai institusi di wilayah kerja untuk menggarap peluang kerja sama dengan Indonesia tidak hanya di sektor ekonomi, namun juga pendidikan, sosial budaya dan pariwisata.

Resepsi yang berlangsung tanggal 23 Agustus 2016 tersebut dihadiri oleh sekitar 200 tamu undangan dari berbagai kalangan, antara lain politisi, pejabat pemerintah, para Konsul Jenderal dan Konsul dari negara-negara sahabat, akademisi, media, pelaku usaha dan diaspora Indonesia. Resepsi dibuka dengan lagu kebangsaan “Indonesia Raya” dan “O Canada” yang dibawakan oleh salah seorang Diaspora Indonesia. Para tamu undangan juga dihibur oleh penampilan kelompok gamelan yang beranggotakan warga setempat dan warga Indonesia yang dipimpin Sdr. Sutrisno Hartana, kandidat  Doktor dari University of Victoria, serta penampilan seorang mahasiswi Indonesia pada Simon Fraser University yang membawakan tarian Bali “Rebong Puspa Mekar”. Penampilan seni budaya dan hidangan kuliner khas Indonesia seperti sate ayam, bakmi goreng serta lumpia semakin memeriahkan acara resepsi dan mendapatkan sambutan yang positif dari tamu-tamu yang hadir.

 

You may also like...