Semarak ASEAN Festival 2016 di Vancouver

  • Indonesian Product Booth
  • Indonesian Culinary Booth
  • Piring Dance
  • Renggong Manis Dance

Read in Bahasa / English

ASEAN Festival untuk kedua kalinya merebut hati masyarakat Vancouver dan sekitarnya melalui semarak pentas budaya dan bazaar kuliner yang diselenggarakan oleh perwakilan negara-negara ASEAN di Vancouver yaitu Konsulat Jenderal Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand dan Vietnam yang tergabung dalam ASEAN Consulates General in Vancouver (ACGV). ASEAN Festival yang berlangsung pada tanggal 27 Agustus 2016 bertempat di Roundhouse Community Arts and Recreation Centre, Vancouver, dipadati oleh tidak kurang dari 800 pengunjung dari berbagai kalangan masyarakat mulai dari pejabat pemerintah, konsular korps, pelaku usaha dan masyarakat umum.

Pejabat pemerintah Provinsi BC dan Kota Vancouver selaku Guests of Honour yaitu Hon. Marc Dalton, Member of Legislative Assembly untuk wilayah Maple Ridge-Mission dan Councillor Raymond Louie, Acting Mayor of Vancouver menyambut baik penyelenggaraan ASEAN Festival dan mengapresiasi partisipasi aktif komunitas ASEAN di Vancouver yang menjadi bagian dari keberagaman kultur dan masyarakat Vancouver.

Sembari menikmati berbagai pilihan kuliner khas Asia Tenggara, penonton menikmati panggung hiburan yang diisi dengan berbagai tarian tradisional dan pertunjukan musik dari kelima negara ACGV. KJRI Vancouver menggandeng restoran Indonesia, pengusaha dan pelajar Indonesia untuk berpartisipasi pada ASEAN Festival 2016. Booth kuliner Indonesia mempromosikan nasi kuning, ayam Bali, rendang dan es cendol. Selain itu di booth produk Indonesia dijual makanan ringan kemasan dan mi instan serta produk tekstil seperti batik dari berbagai daerah dan aksesoris khas Indonesia. Pementasan kesenian daerah dari Indonesia menampilkan Tari Piring dan Tari Renggong Manis yang dibawakan oleh grup tari binaan KJRI Vancouver yang terdiri dari para pelajar Indonesia di Vancouver, serta pertunjukan musik angklung yang dibawakan oleh grup angklung mahasiswa Trinity College, Langley. Adapun fashion show Indonesia memperagakan pakaian tradisional beberapa daerah di Indonesia dibawakan oleh Dharma Wanita Persatuan KJRI Vancouver.

Sebagaimana tahun lalu, KJRI Vancouver menjadi country coordinator pelaksanaan ASEAN Festival 2016 yang merupakan puncak rangkaian kegiatan peringatan hari jadi ASEAN ke-49 yang jatuh pada tanggal 8 Agustus 2016. ASEAN Festival 2016 sekaligus menutup berbagai kegiatan ACGV tahun 2016 yaitu ASEAN Bowling Competition, ASEAN Charity Golf Tournament, kunjungan kehormatan ACGV kepada Mayor beberapa kota Metro Vancouver dan ASEAN Family Day.


You may also like...