GELAR PROMOSI TERPADU, KJRI VANCOUVER INGIN MENDEKATKAN INDONESIA KE MASYARAKAT KANADA


Read in Bahasa / English

Dengan mengusung tema “Destination Indonesia-Land of Remarkable Heritage”, pada tgl 17 September 2016 KJRI Vancouver sukses menarik perhatian masyarakat Vancouver untuk mendatangi Robson Square yang terletak di jantung kota Vancouver. Tak kurang dari 500 orang pengunjung memadati Ice Rink yang hari itu dihiasi berbagai ornamen khas Indonesia serta nuansa merah putih.

Banyak orang mengenal Indonesia sebagai negara yang padat penduduknya, tapi baru sedikit yang tahu bahwa Indonesia memiliki kekayaan alam dan budaya yang sangat beragam, dan sebagian telah diakui UNESCO sebagai warisan budaya dunia, demikian antara lain disampaikan oleh Konsul Jenderal RI Vancouver saat membuka acara. Melalui acara hari itu diharapkan masyarakat Kanada dapat lebih mengenal Indonesia dan selanjutnya tertarik untuk datang ke Indonesia guna menyaksikan secara langsung keindahan alam dan budaya yang mengagumkan tersebut.

Untuk merepresentasikan keanekaragaman budaya Indonesia ditampillkan berbagai kesenian daerah yaitu gamelan Jawa, angklung (Jawa Barat), tari Legong dan Sri Kamelawi (Bali), tari Sigalempong (Sumatera Utara), tari Piring (Sumatera Barat), dan Tari Topeng (Jawa Barat) serta permainan piano, yang dibawakan oleh diaspora Indonesia dan beberapa warga setempat.

Selain menyaksikan pertunjukan kesenian, pengunjung  antusias mendatangi berbagai booth yang menjajakan aneka produk batik (Omnita, Eksotika Design dan Anabel Kewas),home decor (Casamia), perhiasan mutiara dan produk tenun (Sulawesi Selatan), dan makanan olahan (Vitic). Antrean panjang juga tampak pada booth yang menjajakan makanan (Bali Thai) yang menyajikan rendang, ayam Bali, telur balado dan es cendol, serta kopi (Nusa Coffee). Booth yang menawarkan paket perjalanan ke Indonesia (Metro Travel dan Silk Holidays) juga menerima banyak pertanyaan dan pemesanan dari pengunjung yang ingin berkunjung ke Indonesia. Tak kalah ramai booth yang digelar organisasi masyarakat Indonesia, Permai, yang mensosialisasikan program kegiatan mereka, dan juga booth KJRI dan ITPC yang menyuguhkan berbagai bahan informasi, termasuk info mengenai TEI.

Pembukaan acara promosi terpadu tersebut ditandai dengan dibunyikannya angklung oleh Konjen RI dan Guest of Honour, Richard T. Lee/MLA Burnaby North, disaksikan oleh beberapa Konsul Jenderal/Konsul negara sahabat, dan mantan Dubes Kanada untuk Indonesia HE Earl Drake. Kemeriahan acara hari itu ditutup dengan tarian Poco-Poco dan Gemu Famire yang diikuti dengan penuh semangat oleh pengunjung.

You may also like...