Bawakan Tari Bali, Mahasiswa Indonesia Menang Dalam Vancouver World Dance Competition


Read in Bahasa / English

Firda Wijaya, mahasiswa Indonesia tahun kedua di Simon Fraser University berhasil menjadi pemenang pertama pada Vancouver World Dance Competition 2016 untuk kategori Youth International Ethnic Dance. Vancouver World Dance Competition 2016 diselenggarakan oleh Vancouver International Dance Exchange Association dan Vancouver Beauty Dance World mengkompetisikan tari modern dan etnik tradisional dari berbagai negara dengan kategori usia anak-anak, remaja dan dewasa.

Pada malam final yang berlangsung tanggal 2 Oktober 2016, tari Cendrawasih dari Bali yang dibawakan oleh Firda memukau dewan juri dan mengungguli kontestan dari negara lain menjadikannya pemenang pertama pada kategori tari tradisional. Sementara itu peserta dari Thailand memperoleh juara kedua. Para peserta yang mengikuti kompetisi diantaranya membawakan tarian klasik Tiongkok dan sejumlah tari kontemporer.

Vancouver World Dance Competition 2016 diikuti oleh peserta perorangan dan kelompok yang sebagian besar diantaranya merupakan murid sekolah tari/balet, sementara Firda mengembangkan bakat menari dari sekolah tari di Indonesia sebelum melanjutkan studi di Vancouver, yang kemudian didalami secara otodidak. Selama ini Firda aktif berpartisipasi dalam berbagai kegiatan seni budaya yang diadakan KJRI Vancouver, termasuk diantaranya resepsi diplomatik HUT RI. Dengan dukungan KJRI Vancouver pada Vancouver World Dance Competition 2016 kali ini, Firda berhasil membuktikan kepiawaiannya dalam membawakan tari Bali pada kompetisi berskala internasional.

Hadir dalam malam final tersebut Konsul Jenderal RI Vancouver dan beberapa Konsul Jenderal/Konsul negara sahabat, anggota parlemen dan Walikota Sydney, Australia.

You may also like...