Seni Budaya Indonesia Perkaya Keragaman Multikultur di Kanada


Read in Bahasa/ English

Suasana keakraban, kehangatan dengan diiringi alunan seni budaya Indonesia berpadu dengan sajian kuliner nusantara memikat para pengunjung yang mendatangi acara pesta rakyat komunitas Indonesia pada tanggal 8 Oktober 2016. Acara yang bertempat di Nikkei Center, Burnaby, Metro Vancouver, Provinsi BC bertajuk “Alun-Alun” terselenggara atas inisiatif kelompok masyarakat Indonesia di Vancouver yang tergabung dalam “Permai BC” (Persatuan Masyarakat Indonesia British Columbia).

Kegiatan Alun-Alun merupakan festival seni dan kuliner serta produk Indonesia untuk menghidupkan serta mendukung interaksi antara masyarakat Indonesia dengan masyarakat setempat yang berada di Provinsi British Columbia, Kanada. Selama kegiatan, acara tersebut selain dihadiri oleh komunitas Indonesia juga turut dihadiri oleh banyak masyarakat setempat, sehingga mendorong promosi seni budaya, produk serta kuliner Indonesia kepada khalayak di Kanada.

Dalam sambutannya, Acting Konsul Jenderal RI Vancouver, Ibu Nina Kurnia Widhi, secara pokok menyampaikan apresiasi kepada Permai BC dan masyarakat penyelenggara acara Alun-Alun. Diharapkan sesuai dengan nama Alun-Alun, kegiatan tersebut dapat berfungsi sebagai wahana untuk mendorong interaksi antar masyarakat Indonesia dengan komunitas lainnya di Metro Vancouver yang cukup beragam. Melalui kegiatan ini, seni dan budaya Indonesia dapat memperkaya keragaman/multikultur di Provinsi BC.

Acara berlangsung dengan meriah, tercatat lebih dari 500 pengunjung hadir dan turut menikmati kebersamaan dengan masyarakat Indonesia pada acara tersebut. Pengunjung tampak menikmati berbagi suguhan pertunjukkan antara lain gamelan jawa yang dimainkan oleh masyarakat Indonesia dan Kanada, tari Topeng, tari Sigalempong, angklung, fashion show batik, wayang kulit, kontes sajojo dan poco-poco, dan penampilan kelompok musik masyarakat Indonesia.

Pengunjung juga terlihat sangat menikmati hidangan kuliner nusantara yang sangat beragam mulai dari bakso, pempek, rendang, soto daging, ayam goreng, kopi nusantara dan berbagai kuliner lainnya dari sekitar 10 vendor pada acara tersebut. Beberapa vendor produk Indonesia yang selama ini rutin mempromosikan produk Indonesia juga turut hadir antara lain Omnita (garmen batik), Casamia (Home Decor), serta Annabel Kewas (batik dan handicraft). Dalam penyelenggaraan Alun-Alun, Permai BC juga bekerjasama dengan KJRI Vancouver termasuk adanya partisipasi dari Dharma Wanita Persatuan KJRI.

You may also like...