Pertemuan Konsul Jenderal RI Vancouver dengan Perwakilan Masyarakat Indonesia dan Tenaga Kerja Indonesia di Alberta


Read in Bahasa / English

Pertemuan Konsul Jenderal RI Vancouver dengan Perwakilan Masyarakat Indonesia di Calgary, Alberta.

Pada tanggal 22 Oktober 2016, bertempat di rumah makan Indonesia di Calgary, Indonesian Kitchen, Konsul Jenderal RI Vancouver beserta Konsul Ekonomi, Konsul Protkons dan Konsul Muda Sosial Budaya telah melakukan pertemuan dengan Canadian Indonesian Social Club (CISC), asosiasi masyarakat Indonesia di Calgary, Provinsi Alberta. Pertemuan dihadiri oleh Presiden dan Wakil Presiden CISC serta dewan pengurus CISC diawali dengan perkenalan dan dilanjutkan dengan ramah tamah.

Pada acara tatap muka yang berlangsung akrab dan non-formal tersebut, Konsul Jenderal RI menyampaikan apresiasi kepada CISC yang aktif merepresentasikan Indonesia pada sejumlah kegiatan budaya di Calgary, termasuk diantaranya penyelenggaraan kegiatan dalam rangka menyemarakkan HUT RI ke-71 sebagai implementasi semangat nasionalisme masyarakat Indonesia di perantauan. Sementara itu pihak CISC menyampaikan informasi beberapa kegiatan promosi budaya Indonesia yang akan diikuti oleh CISC dalam rangka peringatan Hari Jadi Kanada ke-150 tahun depan.

KJRI Vancouver memanfaatkan pertemuan dimaksud untuk berkoordinasi dengan CISC mengenai persiapan beberapa kegiatan KJRI Vancouver yang akan dilaksanakan di Calgary pada bulan November 2016 serta kesempatan kerja sama antara KJRI Vancouver dan CISC secara umum di masa mendatang. Dalam kesempatan tersebut, CISC menyatakan siap untuk bekerja sama dengan KJRI Vancouver untuk membantu persiapan teknis penyelenggaraan kegiatan terkait dalam waktu dekat dan akan mensosialisasikan secara luas kepada masyarakat Indonesia di Calgary.

 

Pertemuan Konsul Jenderal RI Vancouver dengan Tenaga Kerja Indonesia di High River, Alberta.

Konsul Jenderal RI beserta Konsul Ekonomi, Konsul Protkons dan Konsul Muda Sosial Budaya melangsungkan tatap muka dengan Tenaga Kerja Indonesia di Cargill Meat Solution (CMS) yang berlokasi di kota High River, sekitar satu jam berkendara dari Calgary. Sejak bulan Juli 2016, terdapat 6 (enam) pekerja Indonesia yang bekerja sebagai pemotong daging di CMS.

Dalam sesi pertemuan yang dihadiri Human Resources Manager CMS, Paul Wannet dan 2 (dua) orang staf CMS, serta keenam pekerja Indonesia, Konsul Jenderal RI menyampaikan apresiasi kepada CMS atas dukungan yang diberikan kepada para pekerja Indonesia dari awal kedatangan di High River sampai saat ini. Paul Wannet menyampaikan bahwa para pekerja Indonesia di CMS menunjukkan kinerja yang memuaskan dan proses penyesuaian diri berjalan relatif lancar. Selain itu disampaikan juga bahwa keenam pekerja berhasil melewati tahap wawancara untuk proses Canadian Permanent Residency dan bahwa CMS saat ini sedang memfasilitasi proses kedatangan anggota keluarga para pekerja ke High River.

Pada sesi dialog, para pekerja berbagi pengalaman mereka setelah 3 (tiga) bulan hidup dan bekerja di Kanada, secara umum disampaikan bahwa mereka dengan baik dapat menyesuaikan diri dengan pekerjaan berintensitas tinggi dan pengawasan kualitas yang ketat di CMS. Adapun dari aspek sosial, para pekerja juga tidak menemukan kendala dalam bersosialisasi, baik dengan sesama pekerja dari negara lain di CMS maupun dengan masyarakat sekitar. Para pekerja juga mengapreasiasi keberadaan seorang patron yang ditunjuk oleh CMS yang telah banyak membantu dan memfasilitasi pekerja Indonesia di awal kedatangan di High River sampai saat ini.

 

You may also like...