Solidaritas Masyarakat Indonesia Mendukung Diplomasi Ekonomi di Kanada


Read in Bahasa / English

Masyarakat Indonesia di Calgary sangat mendukung peningkatan hubungan ekonomi antara Indonesia dengan Kanada. Hal ini terlihat pada acara perkenalan Duta Besar Republik Indonesia untuk Kanada,Dr. Teuku Faizasyah dan Ibu Andis Faizasyah dengan masyarakat Indonesia di Calgary.

Dalam acara yang berlangsung di Triwood Community Center,tgl 22 November 2016 tersebut, Konsul Jenderal RI Vancouver, Sri Wiludjeng, menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada masyarakat Indonesia dan berbagai organisasi kemasyarakatan yang ada di Calgary antara lain, Canadian Indonesia Social Club (CISC), yang telah berperan aktif dalam berbagai kegiatan kemasyarakatan di Calgary dan tentunya berkontribusi positif bagi
silaturami antar masyarakat Indonesia. Lebih lanjut Konjen RI dalam kesempatan tersebut juga menghimbau masyarakat Indonesia di Calgary untuk memanfaatkan aplikasi lapor diri online yang telah dikembangkan oleh KJRI Vancouver sehingga Perwakilan RI dapat melayani dan memfasilitasi masyarakat Indonesia apabila memerlukan bantuan.

Sementara itu di hadapan sekitar 150 masyarakat Indonesia, Dubes Faizasyah mengingatkan masyarakat Indonesia untuk selalu menjaga kerukunan dan memberikan kesan terbaik sebagai orang Indonesia di luar negeri.

CISC, diharapkan dapat terus menciptakan program dan kegiatan untuk memupuk kerukunan itu. “Saudara-saudara adalah “duta-duta” yang memperkenalkan wajah dan budaya Indonesia kepada masyarakat Indonesia. Apabila kemungkinkan, Saudara juga bisa membantu prioritas Pemerintah Indonesia saat ini, yaitu diplomasi ekonomi,” demikian pesan Dubes Faizasyah.

Masyarakat Indonesia menyambut baik himbauan Dubes RI dan mengatakan bahwa sebagian besar warga ndonesia di Calgary adalah profesional bisnis migas, dan ingin membantu diplomasi ekonomi Indonesia. Dengan pengalaman kerja dalam industri minyak dan gas, masyarakat menyatakan kesediaan mereka bisa membantu mendorong perusahaan tempat mereka bekerja untuk berinvestasi ke Indonesia.

Calgary adalah kota pusat industri perminyakan dan gas di Kanada. Sebagian besar produsen minyak Kanada berkantor di kota ini, karena sekitar 40% dari cadangan minyak Kanada (172 milyar barel) terletak di Provinsi Alberta. Dengan sekitar satu juta penduduk, pendapatan per kapita orang Calgary mencapai sekitar US$ 74 ribu, jauh di atas masyarakat Kanada pada umumnya (US$ 52 ribu).

Pertemuan Dubes RI Kanada dengan masyarakat Indonesia berlangsung di sela-sela kunjungan kerja Duta Besar RI menghadiri “Indonesia-Alberta Business Forum”, di Calgary, yang terselenggara atas inisiatif KJRI Vancouver bekerjasama dengan Alberta Ministry of Development and Trade, tanggal 23-24 November 2016.

Acara perkenalan berlangsung dalam suasana penuh keakraban dan kekeluargaan, diawali sambutan oleh Konsul Jenderal RI Vancouver, perwakilan CISC, sambutan dan dialog Duta Besar RI untuk Kanada dengan masyarakat, acara hiburan penampilan Tari Topeng Subrada, foto bersama, dan diakhiri santap malam serta ramah tamah.

You may also like...