Indonesia-Alberta Business Forum 2016 Targetkan Investasi dan Kerjasama Teknik di Sektor Energi dan Infrastruktur


Read in Bahasa / English

KJRI Vancouver berkolaborasi dengan Ministry of Economic Development and Trade, Provinsi Alberta, pada tanggal 23 November 2016 telah menyelenggarakan Business Forum dengan fokus pada sektor energi dan infrastruktur, di Calgary, Provinsi Alberta.

Provinsi Alberta merupakan provinsi yang memiliki teknologi terdepan di Kanada di bidang pengelolaan energi, baik konvensional maupun terbarukan, sementara kota Calgary merupakan pusat bisnis dan kota terbesar di Provinsi Alberta, serta kota ketiga terbesar di Kanada setelah Toronto dan Montreal. Diharapkan pengalaman serta teknologi yang dimiliki oleh perusahaan-perusahaan energi dan infrastruktur di Alberta dapat digunakan untuk mendukung pengembangan sektor energi di Indonesia, sehingga dapat mengurangi ketergantungan Indonesia terhadap impor migas dari negara lain.

Kegiatan yang diselenggarakan di McDougall Centre, salah satu gedung bersejarah di Calgary yang dibangun sejak tahun 1907, sukses menarik minat para pelaku usaha, asosiasi bisnis, kalangan pemerintahan dan akademisi Alberta sehingga tak kurang dari 120 orang hadir dalam acara yang dikemas dalam format presentasi dan B to B meeting tersebut. Dari pihak Indonesia, tampil menyampaikan presentasi Direktur Bank Indonesia di New York, Erwin Haryono, Kepala Perwakilan BKPM di New York, Rahardjo Siswohartono, Senior Vice President of Corporate Strategic Growth Pertamina, Gigih Prakoso, Development Director Pertamina EP Herutama Trikoranto,Wakil dari Kementerian ESDM Ayende, serta Kepala Bappeda Kalimantan Utara, Fredrick Ellia Gugkang.

Dalam kesempatan tersebut, Dubes RI untuk Kanada, Dr. Teuku Faizasyah, menyampaikan harapan agar kegiatan Business Forum tersebut dapat ditindaklanjuti secara serius, baik oleh pihak Indonesia maupun Alberta. Harapan tersebut tampaknya akan terwujud karena dari pembicaraan pada saat B to B meeting tercetus rencana kunjungan delegasi Alberta ke Indonesia pada awal tahun 2017, untuk mematangkan kerjasama yang lebih konkrit (KJRI Vancouver).

You may also like...