Dukung Promosi Kuliner, KJRI Vancouver Selenggarakan Pelatihan Foodsafe bagi Masyarakat Indonesia


Read in Bahasa / English

Sebanyak 24 orang masyarakat Indonesia di Vancouver dan sekitarnya telah mengikuti pelatihan Foodsafe pada tanggal 3 Desember 2016 di Aula KJRI Vancouver. Materi pelatihan disampaikan oleh 2 (dua) orang instruktur dari Vancouver Coastal Health ( VCH ), yang merupakan otoritas kesehatan City of Vancouver.

Pelatihan Foodsafe dimaksud bertujuan untuk memberikan pengetahuan mengenai tata cara pemrosesan dan penyajian makanan sesuai standar yang ditetapkan oleh VCH, terutamanya terkait dengan penyajian makanan pada kegiatan yang bersifat terbuka untuk masyarakat umum. Dengan banyaknya masyarakat Indonesia yang memiliki sertifikat Foodsafe diharapkan akan dapat mendukung promosi kuliner yang selama ini diselenggarakan KJRI Vancouver, selain itu juga dapat dimanfaatkan peserta apabila ingin membuka usaha di bidang kuliner, demikian disampaikan Konsul Jenderal RI Vancouver mengenai penyelenggaraan kegiatan tersebut.

Instruktur VCH memberikan pemahaman bahwa VCH menetapkan standar minimum yang konsisten dalam setiap perijianan jasa penyedia makanan baik yang bersifat permanen seperti restauran hingga temporary food service seperti vendor makanan pada event tertentu. Disampaikan bahwa peraturan dan inspeksi VCH yang selama ini dikenal ketat bertujuan untuk memastikan keamanan konsumen serta menjaga kualitas tingkat kesehatan masyarakat kota Vancouver untuk jangka panjang.

Pelatihan ditutup denganujian untuk mendapatkan sertifikat Food Safe Level 1. BC Health Act: Food Premises Regulation mengharuskan semua operator bisnis jasa makananatau temporary food handler untuk memiliki sertifikat Food Safe Level 1.Sertifikat berlaku untuk masa 5 tahun yang dapat digunakan di seluruh wilayah Provinsi British Columbia.

You may also like...