Tari Gambyong dan Legong Memikat Mahasiswa Kelas Asian Performing Arts UBC

Pada tanggal 23 Maret 2017, KJRI Vancouver memberikan materi kuliah tari klasik Jawa dan Bali pada kelas Asian Performing Arts, Department of Asian Studies – University of British Columbia (UBC).  Bertempat di UBC Asian Centre Auditorium, KJRI Vancouver menampilkan Tari Gambyong Pareanom dan Legong Condong yang dibawakan oleh staf lokal KJRI Vancouver dan mahasiswa Indonesia.

Kelas Asian Performing Arts memadukan teori dan penampilan seni tari/musik secara bergantian dimana mahasiswa dapat berinteraksi dan menggali pengetahuan langsung dengan para seniman yang berpartisipasi. Sebanyak 40 mahasiswa yang berasal dari berbagai negara memperlihatkan ketertarikan mendalam pada kedua tarian sebagaimana terlihat pada antusiasme saat sesi diskusi dan praktik.

Pada akhir sesi, para mahasiswa memperoleh pemahaman makna beberapa gerakan dan properti kedua tari, mengenali perbedaan karakter tari tradisional Jawa Tengah yang lemah lembut dan tari Bali yang bertolak belakang yaitu ekspresif dan dinamis, serta memahami latar belakang sejarah kedua tarian yaitu  Gambyong berasal dari tari rakyat yang kemudian diadopsi Keraton Surakarta dan kebalikannya, Legong diciptakan di Keraton kemudian populer di kalangan rakyat.

KJRI Vancouver sejak tahun 2016 telah menjadi pengisi sesi kelas Asian Performing Arts dengan menampilkan tari-tarian tradisional Indonesia. Melalui kelas budaya dimaksud diharapkan dapat memperkenalkan dan memberikan pemahaman budaya Indonesia kepada kalangan mahasiswa di wilayah kerja.

(Fungsi Pensosbud KJRI Vancouver)

You may also like...