Produk Indonesia Menarik Minat Pengunjung pada Trade Talk & Virtual Global Marketplace

Pertumbuhan perekonomian Provinsi British Columbia (BC), wilayah barat Kanada,  merupakan salah satu yang tertinggi dengan porsi terbesar dari aktivitas perdagangan menyumbang sebesar 60% terhadap GDP Kanada setiap tahunnya. Selain itu BC merupakan salah satu Provinsi di Kanada yang memiliki diversifikasi perdagangan terbesar, yaitu 54% dengan AS, 15% dengan China, dan 31% dengan negara-negara lain di dunia terutama wilayah Asia Tenggara.

Hal tersebut terungkap dalam pelaksanaan Trade Talk & Virtual Global Marketplace  yang diselenggarakan oleh BC Chamber of Commerce 29 Juni 2017 di Vancouver Convention Center. Acara tersebut dihadiri oleh sekitar 150 orang dari berbagai kalangan yakni perwakilan dari Konsulat Asing di Vancouver, pelaku usaha, asosiasi bisnis dan akademisi. Beberapa Konsulat Asing yang turut hadir antara lain Indonesia, Brazil, Mexico, Amerika Serikat, Swiss, Prancis, Korea Selatan, Filipina, dan Tiongkok. Kegiatan tersebut menampilkan diskusi panel mengenai pengembangan peluang usaha pasar lokal dan global yang perlu dimanfaatkan oleh pelaku usaha terutama kelas menengah.

Selain kegiatan diskusi, secara paralel berlangsung eksibisi produk dan jasa dan kesempatan tersebut digunakan oleh KJRI Vancouver untuk mempromosikan produk-produk Indonesia yang telah memasuki pasar Kanada bagian barat dan berpotensi untuk terus dikembangkan, yakni kopi (Nusa Coffee), dan bumbu-bumbu instan serta makanan ringan (VITIC). Selain itu, KJRI Vancouver juga bekerjasama dengan vendor produk Indonesia di Kanada untuk penyediaan goody bag berisi samples mie instan dan keripik tempe kepada para pengunjung dan pembicara. Promosi produk Indonesia tersebut terbukti mampu menarik minat pengunjung dibandingkan eksibitor lainnya yang pada umumnya hanya menampilkan brosur-brosur mengenai produknya.

BC Chamber of Commerce merupakan organisasi bisnis terbesar di BC dan memiliki sebanyak 36,000 anggota yang merupakan para pelaku usaha. Selama lebih dari 60 tahun, BC Chamber of Commerce membantu pelaku dal;am dunia usaha di Provinsi BC untuk melakukan inovasi dan memperluas kemitraan dagang. Partisipasi KJRI Vancouver pada kegiatan tersebut akan mendukung upaya memperluas jejaring sekaligus mempromosikan potensi TTI kepada para pemangku kepentingan terkait di Kanada dan Provinsi BC.

You may also like...