Alun-Alun Kembali Hadir di Burnaby, Kanada


Alunan musik dan pertunjukan seni budaya Indonesia berpadu dengan sajian kuliner nusantara Indonesia memikat para pengunjung yang mendatangi acara pesta rakyat komunitas Indonesia pada Hari Sabtu, tanggal 16 September 2017 di Nikkei Center, Burnaby, Metro Vancouver, Provinsi BC. Acara yang bertajuk “Alun-Alun” terselenggara atas inisiatif kelompok masyarakat Indonesia di Vancouver yang tergabung dalam “Permai BC” (Persatuan Masyarakat Indonesia British Columbia).

Terinspirasi oleh “Alun-Alun” yang dalam budaya masyarakat Jawa menjadi tempat berkumpulnya masyarakat untuk saling berinteraksi dan menjalin kebersamaan, kegiatan Alun-Alun merupakan festival seni dan kuliner serta produk Indonesia untuk menghidupkan serta mendukung interaksi antara masyarakat Indonesia dengan masyarakat setempat yang berada di Provinsi British Columbia, Kanada. Kegiatan tersebut selain dihadiri oleh komunitas Indonesia juga turut dihadiri oleh masyarakat setempat, sehingga mendorong promosi seni budaya, produk serta kuliner Indonesia di Kanada. Hadir pula sebagai guest of honor pada kesempatan tersebut yaitu Hon. Bruce Ralston (Minister of Jobs, Trade and Technology), Hon. Katrina Chan (Minister of State for Child Care), Raj Chouhan (MLA for Burnaby – Edmonds), Janet Roudlegde (MLA for Burnaby – North) dan Anna Kang (MLA for Burnaby – Deer Lake).

Dalam sambutannya,  Konsul Jenderal RI Vancouver, Sri Wiludjeng, menyampaikan apresiasi kepada Permai BC dan masyarakat Indonesia sebagai penyelenggara acara Alun-Alun. Diharapkan kegiatan tersebut dapat berfungsi sebagai sarana untuk mendorong interaksi antar masyarakat Indonesia dengan komunitas lainnya di Metro Vancouver. Melalui kegiatan, seni dan budaya Indonesia diharapkan dapat memperkaya keragaman budaya (multikultur) di Provinsi BC, Vancouver, Kanada.

Sementara Hon. Bruce Ralston dalam sambutannya menyampaikan Indonesia dan Provinsi BC memiliki banyak kesamaan, antara lain sumbar daya alam yang melimpah serta memiliki masyarakat dengan latar belakang etnis dan budaya yang beragam. Pemerintah Provinsi BC memahami potensi yang dimiliki Indonesia dan akan memanfaatkan keberadaan kantor perwakilan dagang BC di Jakarta untuk meningkatkan interaksi dagang antara Indonesia dengan Provinsi BC.

Penyelenggaraan Alun-Alun dilakukan oleh Permai BC bekerjasama dengan KJRI Vancouver dan berbagai komponen masyarakat termasuk Indonesia Trade Promotion Center (ITPC) Vancouver dan Dharma Wanita Persatuan (DWP) KJRI Vancouver.

Acara berlangsung meriah, tercatat lebih dari 700 pengunjung hadir dan turut menikmati kebersamaan dengan masyarakat Indonesia pada acara tersebut. Pengunjung tampak menikmati berbagi suguhan pertunjukkan antara lain angklung, tari Gandrung, tari Kipas, tari Kangkung Bandung, fashion show batik nusantara, grup musik masyarakat Indonesia dan penampilan tari dari negara-negara sahabat seperti India dan Korea.

Pengunjung juga terlihat sangat menikmati hidangan kuliner nusantara yang sangat beragam mulai dari nasi goreng, ikan pepes, gudeg, mie ayam, rendang, pempek, sate ayam, es cendol, lumpia semarang, asinan buah/sayur, dan berbagai kuliner lainnya dari sekitar 6 vendor pada acara tersebut. Beberapa vendor lainnya juga turut hadir mempromosikan produk Indonesia antara lain Omnita (garmen batik), Casamia (Home Decor), Vitic (produk makanan kemasan Indonesia), Taman Sari Royal Heritage Spa dan Safe Care Aroma Theraphy. (Sumber : KJRI Vancouver).

You may also like...