SISWA BINA ABYAKTA MEMPEROLEH PENGHARGAAN PADA 8TH ANNUAL INTERNATIONAL NATURALLY AUTISTIC PEOPLE AWARDS 2017


Prestasi siswa-siswa Bina Abyakta di bidang seni memperoleh pengakuan internasional pada ajang 8th Annual International Naturally Autistic People (INAP) Awards 2017 yang diselenggarakan mulai tgl 28 September-4 Oktober 2017 di Best Western Plus Chateu Granville Hotel, Vancouver.

INAP Award merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh ANCA Foundation, lembaga pemerhati penyandang autisme yang berbasis di Vancouver. Tahun ini tercatat sebanyak 144 penyandang autis dari 34 negara yang dinominasikan untuk memperoleh penghargaan yang dikelompokkan dalam 10 kategori antara lain musik, visual art, olahraga, kewirausahaan, mentor dan teknologi.

Delegasi Indonesia terdiri dari Kepala Sekolah dan pengajar serta satu orang murid dari Bina Abyakta, Yayasan nirlaba di Jakarta Selatan yang mendidik anak-anak penyandang autis. Dalam acara penganugerahan Award tgl 1 Oktober 2017, Oliver Wihardja, murid Bina Abyakta, mewakili teman-temannya yang tergabung dalam Speedster Band,  menerima penghargaan sebagai juara pertama untuk kategori Excellence in Visual Art Youth. Selain Oliver, dua siswa Bina Abyakta lainnya juga memperoleh penghargaan yakni Edrick Nibrasandika peringkat ketiga untuk kategori Excellence in Visual Art Youth dan Valmaisa Tjokro peringkat ketiga untuk kategori Excellence in Technology. Selain memiliki bakat menyanyi, Oliver juga memiliki bakat melukis. Beberapa hasil karyanya turut dipamerkan dalam INAP Award, dalam bentuk design tas maupun sampul buku.

Kegiatan INAP Award 2017 juga diisi dengan workshop pengembangan bakat penyandang autis, penampilan tarian, band dan olah vokal dari para peserta. Dalam kesempatan tersebut, Oliver Wihardja, tampil live membawakan lagu Lady Madonna dan Somewhere Over the Rainbow dengan diiringi Speedster Band dari rekaman video; memberikan narasi singkat mengenai Indonesia serta menampilkan tari Gemu Famire dengan iringan para pengajar Yayasan Bina Abyakta . 

Konsul Jenderal RI Vancouver yang hadir dalam sambutan pada acara penganugerahan award  mengucapkan selamat kepada Delegasi Indonesia atas prestasi yang diperoleh. Lebih lanjut, Konjen RI berterima kasih kepada ANCA yg telah mendukung para penyandang autis dari Indonesia sehingga hasil karya mereka dikenal secara internasional. Untuk memeriahkan penyelenggaraan INAP Award 2017, KJRI Vancouver menampilkan pertunjukkan Tari Piring dan Tari Pendet yang dibawakan oleh mahasiswa dan pelajar Indonesia di Vancouver, yang mendapat sambutan meriah dari sekitar 200 khalayak yang menghadiri acara tersebut.

Penghargaan bagi siswa-siswa Bina Abiyakta merupakan yang pertama diperoleh wakil Indonesia dalam INAP Award di Vancouver. Pada tahun sebelumnya Speedster Band juga berpartisipasi dalam Autistic Talent Gala Asia yang diselenggarakan di Hongkong tgl 26 November 2016 dan berhasil memperoleh gelar the Best Expression Award (Sumber:KJRI Vancouver).

You may also like...