Letnan Gubernur British Columbia Kagumi Produk Kerajinan Indonesia


Di tengah suasana rintik hujan yang tak henti mendera sejak pagi, secangkir teh dan kue-kue kecil menghangatkan pertemuan Konsul Jenderal RI Vancouver dengan Letnan Gubernur Provinsi British Columbia (BC), Hon. Judith Guichon, pada tanggal 21 November 2017. Pagi itu, Konjen RI mengadakan kunjungan ke Government House di Victoria, BC untuk berpamitan kepada Letnan Gubernur sebagai wakil resmi Pemerintah Provinsi BC. Dalam kesempatan tersebut, Konjen memyampaikan terima kasih atas dukungan yg diberikan Pemerintah BC kepada KJRI dan berharap hubungan baik tersebut dapat terus ditingkatkan di masa mendatang.

Menggarisbawahi hubungan Indonesia – BC dalam 3 tahun terakhir, Konjen RI menyampaikan berbagai kemajuan yang telah diraih, khususnya di bidang perdagangan dan hubungan sosial budaya. Kesempatan tersebut juga dimanfaatkan Konjen untuk menyerahkan cinderamata berupa kerajinan tas anyaman dari serat Ata Grass. Secara singkat dijelaskan bahwa tanaman tersebut hanya tumbuh di Indonesia khususnya di wilayah Bali, dalam pembuatannya tidak menggunakan bahan kimia dan memberdayakan tenaga kerja wanita. Letnan Gubernur yang berlatar belakang keluarga farmer sangat tertarik dengan produk tersebut, karena selain bentuknya dekoratif juga dapat difungsikan untuk membawa botol wine yang banyak diproduksi di daerahnya “wah produk ini sangat tepat untuk dipasarkan di daerah wineries” demikian ucapnya. Produk tas yg diberikan oleh Konjen tersebut diimpor oleh diaspora Indonesia di Vancouver yang mengusung merk dagang ‘Cantiq Living’.

Selain bertemu dengan Letnan Gubernur, kunjungan ke Victoria tersebut juga dimanfaatkan oleh Konjen untuk bertemu dengan Menteri Perdagangan BC, Hon. George Chow, anggota Legislative Assembly Hon. Teresa Wat dan mantan Dubes Kanada untuk Indonesia H.E. Maldwyn Thomas.

Hon. Teresa Watt sebelumnya menjabat sebagai Menteri Perdagangan Internasional dalam masa pemerintahan Partai Liberal. Pada masanya, Pemerintah BC membuka Kantor Perwakilan Dagang dan Investasi di Jakarta tahun 2016. Indonesia merupakan negara yg penting di kawasan ASEAN, dan BC harus lebih meningkatkan hubungan dengan Indonesia, demikian antara lain yang disampaikan oleh Hon. Teresa Wat kepada Konjen RI.

Sementara itu, mewakili Pemerintah Provinsi BC, Menteri George Chow dalam kesempatan itu menyerahkan plakat penghargaan kepada Konjen atas perannya dalam meningkatkan hubungan antara KJRI dengan Pemerintah Provinsi BC. (Sumber: KJRI Vancouver)

You may also like...