Keripik Singkong Balado, Wajik Minang dan Ketan Srikaya Ludes Diserbu Pengunjung pada Acara ‘A Taste of SEA’ di Vancouver


“Saya yakin acara Taste of Sea ini dapat meningkatkan semangat solidaritas di antara komunitas ASEAN di Vancouver, sekaligus memperkuat tiga pilar ASEAN, khususnya ASEAN Socio-Cultural Community”. Demikianlah pokok-pokok sambutan pembukaan Acting Konsul Jenderal RI dalam kapasitas sebagai Chairperson ASEAN Consuls General in Vancouver (ACGV) periode tahun 2018, pada acara Taste of Sea yang diselenggarakan oleh The Center for Southeast Asia Research (CSAR) pada tanggal 26 Januari 2018 di University of British Columbia (UBC), Vancouver.

Kegiatan tersebut merupakan program rutin dalam rangka promosi sosial budaya dengan melibatkan mahasiswa dan 5 (lima) Konsulat negara-negara ASEAN di Vancouver yang pada tahun-tahun sebelumnya dikenal dengan nama “of Rice and Roots”. Kegiatan A Taste of SEA yang menggunakan konsep amazing market tersebut diisi dengan promosi kuliner, beragam permainan rakyat, dan penampilan seni budaya dari Negara-negara Southeast Asia (SEA). Selain Indonesia, kegiatan juga diikuti oleh booth kuliner yang dikelola mahasiswa UBC yang berasal dari Thailand, Malaysia, Philippina, Vietnam, dan Singapura. Tak kurang dari 250 pengunjung dari berbagai kalangan memadati Great Hall, AMS Student Nest di kampus UBC.

Partisipasi Indonesia pada kegiatan tersebut mengusung tema “Sumatera Barat”. Selaras dengan tema tersebut, booth KJRI Vancouver menampilkan brosur-brosur, dekorasi dan hidangan khas Sumatera Barat. Peserta Indonesia juga tampil istimewa dengan mengenakan pakaian adat nusantara. Booth KJRI memiliki daya tarik tersendiri dan tak pernah sepi dari pengunjung. Bahkan sebelum acara berakhir, keripik singkong balado (karapuak sanjai), wajik minang, dan ketan srikaya (katan sarikayo) ludes diserbu pengunjung.

Guna optimalisasi kegiatan, KJRI Vancouver bekerjasama dengan Dharma Wanita Persatuan (DWP) dalam promosi kuliner, dan vendor produk Indonesia di Vancouver dalam penyediaan goody bag Indofood bagi para pengunjung booth KJRI, serta mahasiswa Indonesia yang tergabung dalam Gado-Gado Indonesian Students Association of UBC (GISAU) dalam pengisian acara, berupa kuis mengenai Indonesia.

Selain dalam rangka promosi, partisipasi KJRI Vancouver tersebut juga dimanfaatkan untuk menjaring survei citra positif Indonesia dan verifikasi data WNI serta pelayanan kekonsuleran/lapor diri. Upaya jemput bola tersebut memperoleh apresiasi dari WNI di wilayah kerja. (Sumber: KJRI Vancouver)

You may also like...