Seniman di Vancouver Tekuni Gamelan


Bahasa/English

Gamelan telah menjadi bagian dari komunitas seni di Vancouver dan telah dimainkan dalam beberapa kesempatan dengan melibatkan koborasi antara seniman Indonesia dan setempat. Berkenaan dengan hal tersebut, dalam rangka melakukan regenerasi seniman pecinta gamelan dan menghidupkan kembali tradisi latihan gamelan Jawa di Vancouver (khususnya gamelan Jawa klasik) sejak 2010.

Dengan menggunakan format workshop, pelatihan gamelan yang diikuti oleh 15 orang warga negara asing diselenggarakan setiap hari Senin mulai tanggal 15 Januari sampai dengan 26 Maret 2018 di Western Front, Vancouver. Kegiatan tersebut merupakan program yang diselenggarakan oleh komunitas gamelan yang bernama Vancouver Community Gamelan Society yang bermitra dengan KJRI Vancouver.

Adapun pemateri pada kegiatan pelatihan tersebut adalah Bapak Sutrisno Hartana yang merupakan seorang seniman berasal dari Indonesia yang telah menyelesaikan gelar Doktoral di bidang Art History and Visual Studies di University of Victoria di Kanada. Beliau juga aktif mengajar seni budaya di School for the Contemporary Arts, Simon Fraser University, dan University of British Columbia di Vancouver, BC, Kanada.

“Saya tertarik belajar gamelan karena harus menggunakan perasaan dalam memainkannya”, kata seorang peserta pelatihan, Andrew yang merupakan seniman setempat (komposer musik). Menurutnya, memainkan gamelan mempunyai cara tersendiri dan berbeda dengan alat musik yang dia gunakan saat ini (drum synthesizer). Dirinya baru pertama kali mengikuti kelas tersebut dan belajar banyak dari setiap kelas yang dihadirinya karena pada pelatihan tersebut setiap peserta akan diajarkan untuk memainkan alat musik yang berbeda pada setiap sesinya. (Sumber: KJRI Vancouver)

 

You may also like...