Kopi Spesial Indonesia Diminati Penggiat Kopi di Vancouver, Kanada


Bahasa/English

“Peluang kopi spesial Indonesia untuk terobos pasar Vancouver masih terbuka luas. Ini saatnya bersama-sama agar lebih gencar promosikan kopi spesial Indonesia untuk kepentingan bersama”, demikian disampaikan oleh Konsul Jenderal RI Vancouver pada pembukaan acara Indonesian Specialty Coffee: From Farm to Cup pada Selasa, 24 April 2018 di Vancouver, BC.

Indonesian Specialty Coffee dihadiri oleh kurang lebih 80 peserta dari berbagai kalangan industri kopi di Kanada, antara lain pengusaha kopi, media, influencer, dan pecinta kopi lainnya. Acara tersebut diselenggarakan atas kerjasama KJRI Vancouver dan ITPC Vancouver berkolaborasi dengan Nusa Coffee (kedai kopi diaspora Indonesia). Melalui acara ini, Indonesia ingin lebih menghadirkan kopi spesial Indonesia dengan langsung mempertemukan penyedia kopi spesial Indonesia dengan potential buyers Kanada.

Acara utama dalam bentuk panelist discussion dipimpin Matt Johnson (Prototype Coffee), dengan panelis antara lain Daroe Handojo (SCAI), Diana Kosmanto (Orang Utan Coffee), Mahyana Sari (KSU Arinagata), Said Baabud (TPSA Project), Hiro Tsujimoto (Republica Coffee), Mike Li (Los Beans) dan Normand Roy (TFO Canada). 

Sejumlah petani dari 5 koperasi kopi spesial di Aceh juga hadir dari Indonesia, bersama dengan SCAI dan PT Sulut Co. Lima koperasi tersebut adalah KSU Arinagata, Orang Utan Coffee, Meukat Komoditi Gayo, Kokowagayo, dan Gayo Coffee Protection. Dalam sesi cupping and tasting, peserta dapat mencicipi beberapa jenis kopi Gayo, sekaligus berkesempatan membeli produk secara langsung.

Langkah konkrit dari acara ini adalah penandatanganan persetujuan (agreement) antara PT Kopiku Indonesia dengan Nusa Coffee Company (perusahaan Diaspora Indonesia di Vancouver). Salah satu kesepakatan penting yang dicapai adalah pengadaan bahan biji kopi Indonesia yang secara eksklusif dipasarkan di wilayah Vancouver dan sekitarnya. Kesepakatan juga mendorong peningkatan kerja sama dalam hal kolaborasi pengembangan produk dan peningkatan keahlian bagi perusahaan dan para staf kedua perusahaan.  (Sumber: KJRI Vancouver)

You may also like...