Kegiatan Cultural Night, Cerminan Identitas dan Solidaritas Bangsa Indonesia di Kanada


“Kegiatan seni budaya Indonesia merupakan cerminan komitmen warga dispora untuk bekerja sama dan bergotong royong untuk menjaga indentitas bangsa dan melestarikan seni dan budaya nusantara”. Demikian sambutan pembuka Konsul Jenderal RI Vancouver, Dr. Tuti Wahyuningsih Irman, pada acara Cultural Night yang diselenggarakan oleh Canadian Indonesian Social Club (CISC) pada Hari Sabtu, 5 Mei 2018 di Chinese Cultural Center, Calgary.      

Konjen RI Vancouver lebih lanjut menyampaikan apresiasi atas komitmen dan dedikasi organisasi diaspora Indonesia, CISC, yang selama 35 tahun berdiri, terus berperan aktif dalam mempromosikan pagelaran seni budaya serta mendorong pemberdayaan komunitas Indonesia di Calgary, Provinsi Alberta. Pada bagian akhir sambutan, Konjen RI mengingatkan warga Indonesia untuk memanfaatkan pembukaan “warung konsuler” oleh staf KJRI Vancouver untuk melakukan pendaftaran diri dan verifikasi data dalam rangka perlindungan WNI serta persiapan Pemilu 2019 mendatang.

Ibu Julia Sugityo selaku Presiden CISC dalam sambutan pembuka menyampaikan CISC yang kini memiliki 200 orang anggota akan terus melanjutkan program promosi seni budaya Indonesia serta mendukung pemberdayaan diaspora antara lain melalui penyelenggaraan workshop untuk edukasi di bidang keimigrasian dan keterampilan.

Setelah penyampaian sambutan, Konjen RI didampingi pimpinan CISC secara simbolis melakukan pemotongan tumpeng menandai dimulainya acara Cultural Night. Acara yang dihadiri oleh sekitar 350 orang masyarakat Indonesia dan Kanada tersebut dimeriahkan dengan penampilan seni budaya antara lain Tari Sekar Jagat, parade kostum tradisional oleh anak-anak diaspora Indonesia dan Kanada serta penampilan penyanyi dangdut, Poppy Kelly. Acara yang berlangsung sejak pkl 19.00 sampai dengan pkl 21.00 dipenuhi para pengunjung dari masyarakat Indonesia dan Kanada yang membaur dengan suasana keakraban dan persaudaraan.

Suasana pada malam tersebut bertambah meriah dengan adanya penjualan kuliner nusantara oleh sebanyak 12 vendor makanan Indonesia di Calgary. Para pengunjung terlihat begitu menikmati sajian makanan rendang, lumpia, kroket, lapis surabaya, bakso, lontong sayur, cendol dan beragam makanan lainnya. (Sumber: KJRI Vancouver)

You may also like...