Letnan Gubernur BC Sambut Hangat Konjen RI Vancouver


Pagi hari yang cerah pada tanggal 7 Mei 2018, Konjen RI Vancouver, Dr. Tuti Wahyuningsih Irman disambut dengan hangat oleh Letnan Gubernur Provinsi British Columbia, Honourable Janet Austin di Government House yang terletak di kota Victoria, BC. “Provinsi BC merupakan wilayah yang penting dalam hubungan antara Indonesia dengan Kanada terutama di bagian pantai Barat, antara lain mengingat lebih dari 80% warga Indonesia di pantai Barat tinggal di Provinsi BC”, kata Konjen RI membuka pembicaraan.

Kunjungan tersebut dicatat sebagai kunjungan Kepala Perwakilan Asing pertama bagi Letnan Gubernur yang baru saja dilantik pada tanggal 23 April 2018 yang lalu. Konjen RI dan Letnan Gubernur membahas secara antusias berbagai capaian dalam bidang kesetaraan gender di Indonesia dan Kanada. Konjen RI menyampaikan peran penting wanita dalam berbagai aspek khususnya dalam Diplomasi Indonesia, dimana sekitar 35% persen diplomat Indonesia adalah perempuan, dan Kemlu RI saat ini dipimpin oleh Menteri Luar Negeri perempuan pertama.

Pada kesempatan tersebut, keduanya juga membahas pentingnya sektor kerjasama pendidikan antara Indonesia dengan Provinsi BC mengingat hampir sekitar 61% pelajar Indonesia dengan study permit di Kanada mengindikasikan bahwa Provinsi BC merupakan tujuan terfavorit untuk melanjutkan pendidikan.

Kesempatan tersebut juga digunakan oleh Konjen RI bertemu dengan Hon. Darryl Plecas, Speaker of the House, Hon. Bruce Ralston, Menteri Pekerjaan, Perdagangan dan Teknologi, dan Hon. George Chow, Menteri Negara untuk Perdagangan. Pada pertemuan tersebut Konjen RI menyampaikan harapan agar Pemerintah BC bekerjasama dengan KJRI Vancouver dapat lebih meningkatkan interaksi baik untuk sektor bisnis dan perdagangan maupun acara-acara penyelenggaraan seni budaya seperti Indonesia Fest 2018 yang akan diselenggarakan oleh KJRI Vancouver bersama dengan Permai BC pada tanggal 14 Juli 2018. (Sumber : KJRI Vancouver)

You may also like...