Kebersamaan Masyarakat Indonesia pada Perayaan Idul Fitri 1439 H di Vancouver


Setelah menjalankan ibadah di bulan Ramadhan dengan  rata rata lama waktu puasa sekitar 18 jam setiap harinya, perayaan Idul Fitri 1439 H oleh segenap masyarakat muslim Indonesia di Vancouver terasa sangat istimewa. Hal ini terlihat di Wisma Konsul Jenderal RI Vancouver pada tanggal 15 Juni 2018 saat bergemanya takbir menjelang pelaksanaan ibadah Sholat Idul Fitri. Gema takbir dikumandangkan oleh para jemaah secara khidmat sebagai bentuk rasa syukur karena telah melampaui berbagai tantangan selama pelaksanaan ibadah bulan Ramadhan.

Usai berkumandannya gema takbir selanjutnya sekitar lebih dari 160 masyarakat muslim Indonesia serta setempat yang berdomisili di Vancouver dan sekitarnya mengikuti sholat Idul Fitri yang dimulai pada pukul 09.00 waktu setempat. Bertindak selaku imam sekaligus khatib adalah Ustad Arifin Jayadiningrat yang dalam khutbahnya menyampaikan menyampaikan bulan Ramadhan merupakan ujian dan kesempatan bagi umat Islam untuk menambah derajat ketakwaan. Ustad Arifin lebih lanjut mengajak para jemaah untuk terus membersihkan hati melalui amal perbuatan dan perkataan sehingga berkah Ramadhan dapat terus berlanjut

Usai pelaksanaan shalat Idul Fitri, sebagaimana tradisi silaturahmi pada saat lebaran di tanah air, para jamaah melanjutkan dengan acara bersalam-salaman yang diikuti oleh Konjen RI serta seluruh staf KJRI Vancouver dan masyarakat Indonesia lainnya.

Selain penyelenggaraan ibadah Sholat Idul Fitri, pada tempat yang sama tgl 17 Juni 2018, mulai pkl 11.00 KJRI Vancouver melanjutkan perayaan lebaran melalui kegiatan halal bihalal dengan mengundang seluruh masyarakat Indonesia di Vancouver. 

Sebanyak lebih dari 300 masyarakat yang hadir dalam acara tersebut berasal dari berbagai kalangan yakni  pelajar/mahasiswa, pekerja, diaspora Indonesia, organisasi keagamaan lainnya (Kelompok Pengajian BC dan organisasi gereja Indonesia), keluarga besar KJRI Vancouver. Selain masyarakat Indonesia, beberapa warga muslim serta beberapa perwakilan Konsulat Asing yang berdomisili di Vancouver juga turut hadir pada acara halal bihalal.

Acara halal bihalal yang dimulai sejak pukul 11.00 hingga 13.00 ini berlangsung meriah dalam suasana kekeluargaan. Suguhan menu khas seperti lontong sayur, kerupuk, opor ayam dan sambal goreng hati menjadi obat rindu suasana Lebaran bagi masyarakat Indonesia yang berada jauh dari kampung halaman.

Dari tingginya minat masyarakat yang hadir terlihat bahwa kegiatan halal bihalal merupakan acara yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat Indonesia di Vancouver untuk berkumpul serta merajut tali silaturahmi. Acara berlangsung hangat dan penuh persaudaraan hingga membangkitkan nuansa layaknya perayaan lebaran di tanah air.  

Halal Bihalal merupakan salah satu kegiatan KJRI Vancouver dalam rangkaian aktivitas di bulan Ramadhan sekaligus menggalang solidaritas dan kebersamaan di antara berbagai komponen masyarakat Indonesia yang berdomisili di Vancouver dan sekitarnya. Sebelumnya KJRI Vancouver bersama masyarakat dari kelompok Pengajian BC telah menyelenggarakan berbagai kegiatan, antara lain buka puasa bersama masyarakat, peringatan Nuzulul Qur’an, berbagai lomba untuk menyemarakkan Ramadhan (lomba menghafal serta melantunkan bacaan Qur’an), serta kegiatan takbiran bersama. (Sumber : KJRI Vancouver)

You may also like...