Indonesian Community in Vancouver Island (ICVI) Resmi Terbentuk di Victoria


Secara resmi Indonesian Community in Vancouver Island (ICVI) terbentuk pada pertemuan masyarakat Indonesia pada tanggal 8 Juli 2018 di Victoria. “ICVI yang menaungi komunitas masyarakat Indonesia di Victoria, Nanaimo, Duncan dan sekitarnya ini akan mendorong solidaritas dan kekeluargaan masyarakat Indonesia” kata Maria Renata Hutagalung selaku Kepala Kanselerai KJRI Vancouver, pada saat acara peresmian. ICVI juga diharapkan dapat berperan dalam mendukung misi Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Vancouver dalam memberikan pelayanan dan perlindungan masyarakat.

Kepala Kanselerai juga menyampaikan bahwa kiranya wadah ICVI ini dapat menghadirkan wajah Indonesia, terlebih dengan keanekaragaman budaya Indonesia. Berbagai kesempatan pameran setempat perlu dimanfaatkan sebagai peluang untuk menghadirkan budaya Indonesia melalui partisipasi aktif ICVI di masa mendatang.

Victoria, sebagai Ibu Kota Provinsi British Columbia (BC), merupakan kota pemerintahan setempat yang juga lokasi gedung Parleman BC. Provinsi BC merupakan salah satu dari sepuluh wilayah provinsi di wilayah Kanada. Jumlah masyarakat Indonesia di Victoria dan wilayah sekitarnya kurang lebih 150 orang. Sedangkan, mayoritas masyarakat Indonesia di wilayah Metro Vancouver dengan jumlah sekitar 4000 orang.

Dalam kesempatan pertemuan masyarakat tersebut, PPLN (Panitia Pemilihan Luar Negeri) juga hadir memberikan sosialisasi Pemilu. Bapak Doddy Ervondy, Anggota PPLN memaparkan peran PPLN dalam penyelenggaraan Pemilu tahun 2019 mendatang. Selain kota Victoria, PPLN juga melakukan sosialisasi serupa di Nanaimo pada tanggal 7 Juli 2018. Kesempatan sesi tanya jawab dipergunakan oleh masyarakat Indonesia untuk lebih memahami pelaksanaan Pemilu mendatang. Kesempatan ini juga dipergunakan untuk sosialisasi Portal Peduli WNI bagi warga Negara Indonesia di luar negeri yang memerlukan pelayanan, salah satunya terkait dengan lapor diri.

Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Luar Negeri Vancouver, yang diwakili oleh Anggota dan Kepala Sekretariat Panwaslu LN Vancouver, juga memanfaatkan pertemuan masyarakat ini dengan menyampaikan peran Panwaslu dalam mensukseskan penyelenggaraan Pemilu mendatang. (Sumber : KJRI Vancouver)

You may also like...