Gaung Kemeriahan Indonesia Fest di Penjuru Pantai Barat Kanada


“People-to-people-contact merupakan komponen penting dalam penguatan hubungan persahabatan Indonesia Kanada”. Melalu first hand experience memainkan salah satu peran utama membangun jembatan budaya antara kedua negara”, demikian pokok-pokok sambutan yang disampaikan Konsul Jenderal RI Vancouver pada pembukaan promosi terpadu Indonesia Fest: Experience Indonesia yang berlangsung di Nikkei National Museum and Cultural Centre, Burnaby, Metro Vancouver, BC pada tanggal 14 Juli 2018 mulai pkl 12.00 sampai dengan pkl 16.00 waktu setempat.

Selaku tamu kehormatan, Acting Mayor of Burnaby, Paul McDonell, dan Bruce Ralston, BC Minister of Jobs, Trade and Technology, dalam sambutan pembuka keduanya secara pokok menyambut baik penyelenggaraan Indonesia Fest. Secara khusus, Acting Mayor of Burnaby, Paul McDonnel, menyampaikan penyelenggaraan Indonesia Fest menambah khasanah keragaman budaya di Kanada dan memberikan apresiasi kepada KJRI Vancouver dan diaspora Indonesia. Sementara itu dalam sambutannya Menteri Bruce menggaris-bawahi bahwa Provinsi BC memahami potensi Indonesia baik dari sisi keragaman budaya maupun pertumbuhan ekonomi, sebagaimana terefleksi dengan adanya kantor Perwakilan Dagang dan Investasi Provinsi BC di Jakarta. Menteri Bruce menekankan Provinsi BC akan terus meningkatkan hubungan bilateral dengan Indonesia termasuk di bidang perdagangan

Kegiatan promosi terpadu yang dihadiri sekitar 1,400 pengunjung tersebut dimeriahkan dengan berbagai ragam tarian dari berbagai penjuru nusantara antara lain Tari Saman, Tari Sekar Jagad, Tari Indang, Tari Tor-Tor, Tari Piring, Tari Topeng, Tari Legong, Tari Ronggeng Manis dan Tari Merak yang ditampilkan oleh diaspora Indonesia. Promosi terpadu pada tahun 2018 juga terasa istimewa dengan kehadiran tim tari asal Semarang yang membawakan Tari Warak Dukder, Tari Abithah dan Tari Ngilo yang jarang ditampilkan di wilayah Kanada bagian barat.   

Selain pertunjukan seni budaya, Indonesia Fest juga mempromosikan berbagai produk nusantara antara lain termasuk furnitur, kerajinan tangan, pakaian batik, plush toys, peralatan makan, makanan kemasan, tempe, beras merah Bali dan berbagai macam kopi Indonesia. Tidak ketinggalan, paket wisata dengan berbagai tujuan yang menjadi favorit turis mancanegara juga ditawarkan pada acara kali ini. Promosi dan penjualan produk diramaikan oleh sekitar 17 eksibitor yang terdiri atas para pengusaha Indonesia yang berdomisili di Metro Vancouver, Dharma Wanita Persatuan KJRI Vancouver, Dewan Kerajinan Nasional Daerah Semarang, dan Creative Business Woman Indonesia (CBWI) melalui penjualan berbagai macam produk seperti batik, kerajinan tangan dan kopi.

Daya tarik lainnya dari promosi terpadu Indonesia Fest yakni kuliner nusantara turut menambah kemeriahan suasana dengan tersajinya berbagai hidangan yang diminati oleh masyarakat setempat seperti Nasi Rawon, Nasi Liwet Solo, Bakso, Nasi Padang, Nasi Bali, Nasi Tumpeng mini, Tongseng, Gado-gado, Pempek, Pizza Rendang, Cilok dan berbagai macam jajanan pasar.

Diaspora Indonesia juga tampil dengan berbagai pertunjukkan seni lainnya. Kolaborasi pertunjukan grup angklung dengan permainan biola oleh diaspora Indonesia mendapatkan sambutan meriah dari pengunjung saat membawakan lagu antara lain “Indonesia Pusaka”, “Rayuan Pulau Kelapa” dan “My Way”. Demikian juga alunan lagu-lagu batak yang mengisi acara seni budaya persembahan kelompok paduan suara Bonapasogit Vancouver. Penampilan seni budaya juga bersifat interaktif dengan memberikan kesempatan kepada para pengunjung untuk mengikuti workshop singkat memainkan alat musik angklung dipandu oleh home staff KJRI Vancouver. Paska penyelenggaraan workshop, para partisipan diberikan angklung secara cuma-cuma sebagai suvenir.

Pengunjung juga berkesempatan untuk meningkatkan wawasan mengenai Indonesia dengan diadakannya kegiatan yang bersifat edukasi di sela-sela acara melalui program membatik bersama (batik workshop) serta  aktivitas anak melalui kids corner yang diramaikan dengan berbagai permainan anak Indonesia.

Musim panas di Vancouver lazimnya diisi oleh berbagai acara multikultural. Penyelenggaraan Indonesia Fest ini merupakan kesempatan yang baik dalam mempromosikan Indonesia kepada masyarakat setempat. Sejumlah hadirin menyampaikan antusiasme mereka dalam menyaksikan berbagai tampilan budaya Indonesia. Lebih mengenal Indonesia, lanjut mereka, adalah mengenal kekayaan budayanya secara langsung. (Sumber : KJRI Vancouver).

You may also like...