Lomba, Kegiatan Amal dan Sosialisasi Semarakkan Perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-73 di Vancouver


Peringatan HUT Kemerdekaan RI yang dirayakan secara luas oleh seluruh Perwakilan RI dan Masyarakat Indonesia  di berbagai belahan dunia lazimnya identik dengan kegiatan lomba dan keramaian, namun berbeda halnya di Vancouver yang memadukan perayaan HUT RI tidak hanya dengan lomba namun juga menunjukkan kepedulian kepada sesama serta pembinaan kepada WNI.

Berlokasi di Burnaby Central Park, pada Hari Sabtu, tanggal 11 Agustus 2018, KJRI Vancouver bersama masyarakat Indonesia yang berdomisili di Provinsi British Columbia, beramai-ramai menghadiri kegiatan bazaar amal dalam rangka membantu korban gempa Lombok. Acara yang berlangsung mulai pukul 10.00-14.00 tersebut juga dimanfaatkan untuk melakukan sosialisasi Portal Peduli WNI, Pemilu di Luar Negeri 2019 dan berbagai lomba.

Acara dibuka oleh Konsul Jenderal RI Vancouver, Dr. Tuti Wahyuningsih Irman, yang menyampaikan harapan agar Masyarakat Indonesia dapat mengikuti perayaan lomba HUT Kemerdekaan RI ke-73 dengan semangat yang sama sebagaimana masyarakat di tanah air. Konjen RI menutup sambutan pembuka dengan mengajak Masyarakat Indonesia untuk memanfaatkan kegiatan sosialisasi perlindungan WNI dan Pemilu di luar negeri 2019 serta turut berpartisipasi dalam bazaar amal untuk membantu korban gempa di Lombok.  

Rangkaian kegiatan sosialisasi diawali penjelasan oleh Konsul Protokol dan Konsuler mengenai aplikasi lapor diri terpadu dan dilanjutkan penjelasan mengenai Pemilu di Luar Negeri oleh Ketua Panitia Pemilu Luar Negeri (PPLN) dan Anggota Pengawas Pemilu (Panwaslu) LN Vancouver. Setelah kegiatan sosialisasi berakhir dilanjutkan dengan kegiatan bazaar amal yang diselenggarakan secara paralel dengan penyelenggaraan rangkaian lomba. Bazaar diramaikan oleh partisipasi Dharma Wania Persatuan (DWP) KJRI Vancouver serta masyarakat Indonesia melalui penjualan kuliner Indonesia dan total donasi yang terkumpul dari penyelenggaraan bazaar mencapai CAD 3,000.        

Acara lomba berlangsung dengan meriah dan menampilkan lebih banyak permainan dibandingkan penyelenggaraan pada tahun-tahun sebelumnya. Selain lomba yang diikuti peserta anak seperti lomba makan donat, lari kelereng, lari telur, memasukkan pensil ke dalam botol serta lomba lempar bola ke dalam keranjang, tahun ini Panitia Lomba KJRI Vancouver juga mengadakan lomba balap karung, lari bakiak dan tarik tambang untuk peserta dewasa. Acara perayaan HUT Kemerdekaan RI tersebut banyak memperoleh apresiasi dari Masyarakat Indonesia karena tidak hanya menampilkan kemeriahan namun juga menunjukkann aspek kepedulian terhadap sesama dan pembinaan kepada masyarakat.

Acara yang dihadiri oleh sekitar 200 masyarakat Indonesia tersebut ditutup dengan prosesi penyerahan hadiah kepada para pemenang lomba serta goodybags kepada para peserta lomba anak. (Sumber: KJRI Vancouver)

You may also like...