Rangkaian Kegiatan Memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-73 di Vancouver


KJRI Vancouver telah menyelenggarakan serangkaian kegiatan dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-73. Beberapa kegiatan tersebut meliputi penyelenggaraan pertandingan, lomba mulai tanggal 4 sampai dengan 11 Agustus 2018, dilanjutkan dengan serta upacara pengibaran bendera dan penyelenggaraan resepsi diplomatik pada tgl 17 Agustus 2018.

Kegiatan diawali dengan upacara penaikan bendera merah putih yang diikuti sekitar 100 peserta yang terdiri dari staf KJRI dan ITPC Vancouver beserta keluarga,  pelajar, mahasiswa, anggota masyarakat dan diaspora Indonesia. Upacara berlangsung lancar, di tengah teriknya matahari musim panas yang cukup menyengat pada pukul 09.00 pagi. Dalam upacara tersebut, wakil dari mahasiswa/pemuda Indonesia berpartisipasi sebagai pengibar bendera dan pembaca naskah Pembukaan UUD 1945 dan Proklamasi.

Setelah upacara pengibaran bendera, acara dilanjutkan dengan penyerahan hadiah bagi pemenang pertandingan badminton dan tenis meja dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-73 serta pemotongan nasi tumpeng. Secara simbolis Konjen RI menyerahkan 2 potongan nasi tumpeng pertama kepada dua wni dengan kategori peserta termuda dan tertua yang hadir  pada upacara hari tersebut. Acara ditutup dengan ramah tamah, santap siang serta foto bersama antara keluarga besar KJRI, ITPC Vancouver dan anggota masyarakat Indonesia yang hadir dalam upacara. 

Dalam rangkaian HUT Kemerdekaan RI ke-73, pada sore harinya, bertempat di Fairmont Hotel Waterfront, Vancouver, pkl 18.00 waktu setempat, KJRI Vancouver menyelenggarakan resepsi diplomatik. Acara dihadiri oleh sekitar 150 tamu undangan dari berbagai kalangan, yakni 5 menteri, 3 anggota parlemen, 11 city counsellor (anggota dewan kota), Consular Corps, akademisi, pelaku usaha dan diaspora Indonesia.

Dalam sambutannya di hadapan para tamu undangan resepsi, Konjen RI Vancouver, Dr. Tuti Wahyuningsih Irman, menyampaikan Indonesia dan Kanada memiliki banyak persamaan antara lain keragaman etnis, kultur, serta agama. Konjen RI lebih lanjut menekankan bahwa toleransi dan saling menghormati  merupakan faktor kunci untuk mencapai keharmonisan dalam kehidupan yang penuh kemajemukan sebagaimana juga penting dalam hubungan antar negara. Dalam bagian lain sambutannya, Konjen RI juga menyatakan komitmen Pemerintah Indonesia melalui KJRI Vancouver untuk lebih meningkatkan interaksi ekonomi pada sektor sektor kunci seperti ICT dan pendidikan.

Sementara itu, BC Minister of State for Trade, Hon.George Chow, sebagai Guest of Honor, membuka sambutan dengan menyampaikan salam dari Premier BC, John Horgan, serta bela sungkawa dan keprihatinan Pemerintah BC atas bencana gempa yang menimpa Lombok dan Bali. Lebih lanjut, Pemerintah BC menyadari potensi Indonesia dan mengakui kepemimpinan Indonesia dalam ASEAN. Hon. George Chow juga menyebut bahwa BC dan Indonesia memiliki banyak kesamaan dan diaspora Indonesia di wilayah BC selama ini dinilai telah  memberikan kontribusi positif bagi keberagaman di BC.

Acara resepsi berlangsung khidmat diawali dengan dinyanyikannya lagu kebangsaan oleh kelompok paduan suara yang terdiri dari masyarakat Indonesia membawakan “Indonesia Raya” dan “O Canada”. Selain penyampaian sambutan oleh Konjen RI Vancouver dan Guest of Honor, dilanjutkan dengan foto bersama dengan para tamu kehormatan serta penampilan Tari Merak yang dibawakan oleh tiga mahasiswi Indonesia. Sembari menyaksikan penampilan seni budaya, para tamu undangan juga menikmati hidangan kuliner Indonesia yang tersaji seperti nasi kuning, sambel goreng, ikan salmon sambel matah, gado-gado, lumpia, lapis legit, dadar gulung dan es teler. (Sumber : KJRI Vancouver)

You may also like...