Sholat Idul Adha 1439 H Momentum Mempersatukan Masyarakat Muslim Indonesia dan Kanada di Vancouver


Sebagaimana di tanah air, masyarakat muslim Indonesia yang bermukim di Metro Vancouver turut melaksanakan aktivitas Sholat Idul Adha 1439 H. Kegiatan sholat dilaksanakan di Burnaby Central Park, pada tgl 21 Agustus 2018 diawali oleh lantunan gema takbir pada pukul 08.30 dan sholat berjamaah mulai pkl 09.00 waktu setempat. Untuk pertama kali kegiatan sholat diselenggarakan bersama oleh Pengajian BC dan Acehnese Canadian Community yang mendapat dukungan penuh dari KJRI Vancouver. Sebelumnya kedua komunitas selalu menyelenggarakan kegiatan ibadah terutama Sholat Idul Fitri dan Idul Adha secara terpisah.

Konsul Jenderal RI Vancouver secara khusus menggaris-bawahi kegiatan ini sebagai hal yang positif dan mengharapkan format kegiatan bernuansa ibadah ini dapat terus dipertahankan serta ditingkatkan di masa mendatang dengan melibatkan Pengajian BC dan Acehnese Canadian Community.    

Pelaksanaan sholat Idul Adha tahun ini dihadiri Konsul Jenderal RI dan diikuti oleh sekitar 150 jamaah dari berbagai lapisan masyarakat. Mengawali sholat berjamaah, ketua Pengajian BC menyampaikan apresiasi atas berbagai pihak yang mendukung pelaksanaan Sholat Idul Adha berjamaah yakni KJRI Vancouver, Acehnese Canadian Community dan masyarakat muslim Indonesia di Metro Vancouver. Dalam rangkaian Sholat Idul Adha juga dilaksanakan doa bersama beserta penggalangan dana bagi para korban gempa di Lombok.

Dalam pelaksanaan sholat Idul Adha 1439 H., bertindak selaku Imam adalah Ustad Bakrie Isa dan bertindak sebagai imam adalah Tengku Hamdani. Dalam khutbahnya, Ustad Bakrie secara pokok mengajak jamaah untuk mensyukuri nikmat imam dan nikmat Islam dengan tetap berpedoman kepada ajaran agama dan khusuk dalam beribadah. Lebih lanjut, Ustad Bakrie juga mengajak jamaah untuk meneladani kisah-kisah Nabi Ibrahim dan Nabi Nuh sebagai pedoman untuk terus meningkatkan kualitas amal dan ibadah.

Seusai sholat Idul Adha, acara dilanjutkan dengan acara ramah tamah beserta silaturahmi oleh seluruh jamaah sambil menikmati makan dan minum secara potluck. (Sumber: KJRI Vancouver )

You may also like...