Pelajari Pola Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Konservasi Lingkungan, Delegasi Pemda Aceh Kunjungi Vancouver


“Pemerintah berupaya untuk melestarikan lingkungan hidup sekaligus mengelola sumber daya alam dan manusia secara berimbang. Model pengelolaan yang memperhatikan keseimbangan antara dua hal tersebut yang kini menjadi perhatian pemerintah dan masyarakat”. Demikian yang disampaikan Kepala Bappeda (Badan Perencanaan Pembangunan Daerah) Aceh, Azhari Hasan, saat pertemuan dengan Konsul Jenderal RI Vancouver, Dr. Tuti Wahyuningsih Irman, tgl 7 September 2018 di KJRI Vancouver.

Delegasi yang terdiri atas Kepala Bappeda Aceh, Bupati Aceh Tenggara, Bupati Aceh Tamiang, Wakil Ketua DPR Aceh, dan tiga lembaga konservasi dan pemerhati lingkungan yakni FKL (Forum Konservasi Leuser), HAkA (Hutan, Alam dan Lingkungan Aceh) dan ACCI (Aceh Climate Change Initiative) berkunjung ke Vancouver dan Victoria mulai tgl 4-9 September 2018 untuk mempelajari pola pengelolaan lingkungan hidup yang berkelanjutan, pemanfaatan sumber daya alam dan pembangunan.   

Dalam kaitan tersebut, delegasi bertemu dengan beberapa mitra kerja konservasi setempat dan juga berkesempatan mengunjungi cagar alam hutan tropis Great Bear di bagian utara Provinsi British Columbia. Dalam pertemuan dengan Konjen RI tersebut, delegasi menyampaikan daerah Aceh memiliki tanaman nasional hutan lindung Leuser. Taman nasional ini meliputi ekosistem asli dari pantai sampai pegunungan tinggi yang diliputi oleh hutan lebat khas hujan tropis, dikelola dengan sistem zonasi yang dimanfaatkan untuk tujuan penelitian, ilmu pengetahuan, pendidikan, menunjang budidaya, pariwisata, dan rekreasi.

Dalam pertemuan yang turut dihadiri oleh dua akademisi Department of Forest & Conservation Sciences Faculty of Forestry, University of British Columbia (UBC), Dr. Agni Klintuni Boedhihartono dan Dr. Jeff Sayer, delegasi juga berkesempatan untuk bertukar pandangan terutama mengenai penyiapan sumber daya manusia untuk mencapai pembangunan yang berorientasi lingkungan hidup. Pada akhir pertemuan, Konjen RI Vancouver mengapresiasi upaya delegasi untuk mencapai pembangunan yang berkelanjutan dan menawarkan kiranya KJRI dapat memfasilitasi tindak lanjut dari kunjungan delegasi. (Sumber: KJRI Vancouver)

You may also like...