Diskusi Lintas Agama Dengan Para Tokoh Agama di Vancouver


Diskusi lintas agama dapat menambah pemahaman serta memperkokoh silaturahmi antar umat beragama untuk masyarakat Indonesia yang berada di luar negeri. Hal ini setidaknya yang tercermin dalam acara tatap muka dengan Ustad Syamsi Ali yang merupakan Imam dan Ulama Indonesia yang berlangsung di Aula KJRI Vancouver pada tanggal 16 September 2018. Ustad Syamsi Ali ,yang bermukim di New York, kini erat dengan aktivitas yang dibangun dalam rangka menjembatani dialog antar keyakinan dan berperan dalam mempromosikan kehidupan yang toleransi antar umat beragama.

Konjen RI Vancouver, Dr. Tuti Wahyuningish Irman, dalam sambutan pembukanya menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada Ustad Syamsi Ali atas kesediaan untuk meluangkan waktu untuk singgah ke Vancouver. Konjen RI menghimbau masyarakat untuk tetap menjaga solidaritas dan kerukunan antar warga Indonesia terlepas dari dinamika politik di tanah air terlebih dengan memasuki Pemilu.

 “Musuh terbesar semua agama adalah ketidaktahuan sehingga untuk menghindari adanya kesalahan dalam konsep berpikir malah perlu dilakukan dialog lintas agama terutama dengan para pemuka agama.” Demikian paparan awal yang disampaikan Ustad Syamsi Ali.

Lebih lanjut Beliau mengingatkan warga masyarakat Indonesia di Kanada untuk senantiasa menjaga ketentraman dan kedamaian. Terciptanya keadaan tersebut dapat terwujud dengan adanya toleransi antar umat beragama. Toleransi dapat muncul dengan adanya dialog untuk saling bertukar pikiran dan memerikan pemahaman yang lebih mendalam terkait dengan suatu permasalahan yang ada. “Masyarakat harus melihat dunia “luar” untuk memahami kehidupan beragama lainnya” kata Ustad Syamsi Ali.

Para tokoh agama dan wakil masyarakat Indonesia memanfaatkan kehadiran Ustad Syamsi Ali untuk berdiskusi mengenai permasalahan yang dihadapi baik di luar negeri maupun perkembangan kondisi di Indonesia. Secara keseluruhan acara berjalan dengan baik dan disambut dengan positif oleh sekitar 50 masyarakat yang sebagian merupakan  kalangan tokoh agama. Pada akhir acara dilanjutkan dengan foto bersama dan ramah tamah.

Selain melakukan tatap muka dengan masyarakat Indonesia, pada tgl 17 September 2018, Senin, Ustad Syamsi juga melakukan kunjungan ke BC Muslim Association di Richmond dan Surau masyarakat Aceh di Collingwood dalam rangka bertukar pandangan tentang pengelolaan pendidikan Islam di Amerika dan Kanada sekaligus melakukan silaturahmi. (Sumber : KJRI Vancouver)

You may also like...