CEO dan Co-Founder Ruanguru.com di Vancouver Ungkap Besarnya Potensi Industri Digital Indonesia


Dunia pendidikan Indonesia kini semakin berpeluang untuk berkiprah lebih maju, dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia dengan kehadiran platform dan aplikasi Ruangguru.com. Penggunaan teknologi yang kian marak oleh masyarakat Indonesia merupakan fenomena masa kini dapat dimanfaatkan secara positif dan dapat dikembangkan untuk memperkuat persaingan global. Demikian sekilas paparan yang disampaikan oleh Muhammad Iman Usman, CEO dan Co-Founder Ruangguru.com, pada acara pertemuan dengan masyarakat Indonesia, tgl 27 September 2018, di KJRI Vancouver.  

Iman menambahkan, insiatif Ruangguru.com dimulai sejak 2014 tersebut terdorong dari obsesinya untuk memajukan kualitas pendidikan di tanah air sehingga bisa sejajar dengan negara-negara maju. Usaha yang dimulai oleh lulusan master dari Columbia University, Amerika Serikat tersebut kini sudah memiliki 10 juta pengguna, 150,000 tutor dan 1,000 karyawan. Aplikasi juga dapat diunggah melalui playstore dan memiliki peringkat tertinggi pada kategori aplikasi bidang pendidikan.  

Konsul Pensosbud mewakili Konsul Jenderal RI dalam sambutan pembuka memandang diskusi tersebut sebagai media untuk berbagi inspirasi dan pengalaman Sdr. M. Iman Usman yang telah sukses sebagai pionir tech startups yang potensial di Indonesia. Disampaikan pula bahwa acara diskusi dapat membantu masyarakat Indonesia di Vancouver memahami perkembangan teknologi digital di Indonesia serta dapat memunculkan gagasan baru untuk turut berkontribusi bagi kemajuan tanah air.

Selain pertemuan dengan masyarakat, pada tgl 27 dan 28 September 2018, Iman Usman juga sempat melakukan serangkaian pertemuan yakni dengan kalangan mahasiswa internasional di Universitas British Columbia, lembaga riset Asia Pacific Foundation dan perusahaan pengelola jejaring industri teknologi Canada Digital Technology Supercluster.

Pertemuan tersebut membahas berbagai hal mengenai potensi pemanfaatan teknologi digital di tanah air dan bertukar pandangan mengenai best practices di Kanada. Kegiatan-kegiatan tesebut tidak hanya memperoleh apresiasi  karena memberikan inspirasi kepada para pelajar Indonesia melainkan juga mengungkap maraknya penggunaan teknologi digital di tanah air serta berbagai peluang kerjasama yang dapat dijalin dengan negara setempat. (Sumber: KJRI Vancouver)

You may also like...