Nikmatnya Menu Indonesia pada Ajang Kuliner Asia Tenggara di UBC, Kanada


Pesona nusantara Indonesia merupakan sumber inspirasi dan keragaman yang tiada tara dan hal ini berlaku tidak hanya dalam ranah penampilan seni budaya namun juga kuliner. Bermula dari inspirasi tersebut, serta dalam rangka meningkatkan citra positif dan promosi seni budaya Indonesia di wilayah Kanada bagian barat, KJRI Vancouver bersama asosiasi mahasiswa Indonesia di University of British Columbia (UBC) turut serta dalam ajang kuliner Asia bertajuk  A Taste of SEA (South East Asia).

Acara yang berlangsung Hari Jum’at, 16 November 2018, mulai pkl 18.00-21.00 waktu setempat tersebut diselenggarakan di Gedung AMS Student Nest, University Boulevard, kampus UBC, Kota Vancouver, Kanada. Memperhatikan antusiasme yang tinggi dari kalangan setempat terhadap kuliner Asia terutama Indonesia, KJRI Vancouver memanfaatkan kesempatan tersebut untuk turut mempromosikan makanan yang cukup populer di tanah air yakni putu ayu dan risoles. Sedangkan asosiasi mahasiswa Indonesia mempromosikan menu ayam woku, kangkung terasi dan soda gembira.

Kuliner Indonesia yang disajikan di meja KJRI Vancouver menjadi incaran para pengunjung yang datang pada acara sore hari tersebut. Menurut penuturan para pengunjung, kuliner Indonesia termasuk penganan yang paling nikmat dari berbagai penganan negara-negara lainnya. Dalam waktu relatif singkat sebelum acara berakhir, sebanyak 300 putu ayu dan risoles habis tidak bersisa. Dalam kesempatan tersebut, KJRI Vancouver juga membuka warung konsuler untuk memberi kesempatan bagi mahasiswa melakukan lapor diri.

Kegiatan A Taste of SEA yang menggunakan konsep pasar festival tersebut diisi dengan promosi kuliner, beragam penampilan seni budaya dari mahasiswa UBC yang berasal negara-negara Southeast Asia (SEA). Selain Indonesia, kegiatan juga diikuti oleh booth kuliner yang dikelola oleh berbagai konsulat dan mahasiswa UBC yang berasal dari Thailand, Malaysia, Filipina, Vietnam dan Singapura. Tak kurang dari 250 pengunjung dari berbagai kalangan memadati acara tersebut.

Prof. Cesi Cruz mewakili Center for South East Asia Research (CSEAR), UBC, membuka acara dengan sambutan singkat yang mengapresiasi keenam asosiasi mahasiswa UBC yang telah bekerjasama dengan baik pada penyelenggaraan A Taste of SEA tahun 2018.  Prof. Cruz juga menyambut dan mengapresiasi kehadiran perwakilan anggota ASEAN Consulates General in Vancouver (ACGV) pada kegiatan tahunan ini. Pembukaan kegiatan secara resmi dilakukan dengan prosesi penuangan beras secara bersama-sama oleh CSEAR dan perwakilan ACGV yang hadir yaitu; Konsul Jenderal Thailand, Konsul Jenderal Vienam, Konsul Jenderal Malaysia, Kepala Kanselerai KJRI Vancouver dan Konsul Filipina (sumber: KJRI Vancouver).

You may also like...