KJRI Vancouver Jadi Tuan Rumah Selebrasi Budaya Negara-Negara MIKTA


“Perbedaan sejarah, kultur dan cara pandang regional yang beragam merupakan modalitas yang menjadi kekuatan negara-negara MIKTA dalam melakukan kerja sama. Berlandaskan hal tersebut Meksiko, Indonesia, Korea Selatan, Turki dan Australia (MIKTA) membentuk asosiasi kerja sama antar regional untuk membahas berbagai isu yang menjadi kepentingan bersama dan menjadi bagian dari solusi global dan regional”. Demikian pokok-pokok sambutan yang disampaikan Konsul Jenderal RI Vancouver, Dr. Tuti Irman, selaku tuan rumah dan keketuaan MIKTA periode 2018 saat pembukaan Cultural Exhibition.

Selain Konsul Jenderal RI, seluruh konsul jenderal dan honorary consul negara-negara MIKTA serta Deputy Minister Jobs, Trade and Technology BC juga turut menyampaikan sambutan yang pada pokoknya mengharapkan kegiatan eksibisi dapat menjadi bagian dari upaya MIKTA untuk lebih meningkatkan pemahaman terhadap forum kerjasama tersebut kepada publik dan pemangku kepentingan di Provinsi British Columbia (BC), Kanada Bagian Barat.

Eksibisi yang berlangsung tgl 22 November 2018, pkl 18.00 di Aula KJRI Vancouver tersebut menjadi ajang selebrasi budaya negara-negara MIKTA. Dalam acara tersebut ditampilkan beragam pameran benda-benda seni dan foto-foto heritage serta penampilan budaya dari negara-negara anggota MIKTA.

Sebanyak lebih dari 100 tamu undangan yang hadir dari kalangan korps diplomatik, pejabat pemerintah BC, akademisi, seniman, pelaku bisnis sangat terkesan dengan keunikan budaya yang ditampilkan pada eksibisi tersebut. Aula KJRI Vancouver yang didekorasi dengan apik memuat berbagai eksibisi berupa traditional dresses dari Meksiko; alat musik, kaligrafi dan golden crown dari Korea Selatan serta foto-foto heritage dari peninggalan budaya kota tua Troy yang berada di Turki. Untuk Eksibisi malam tersebut, Indonesia menampilkan display Gamelan Jawa yang diiringi video promotion konser gamelan.

Sambutan dari para tamu yang hadir semakin meriah dengan penampilan budaya antara lain Tari Sekar Jagat, K-Pop Dance, demonstrasi lukisan Turkish Marbling Art, dan penampilan musik khas native asal Australia, Didgeridoo. Selain benda dan penampilan seni, ragam kuliner dari masing-masing negara-negara MIKTA juga disajikan termasuk sate ayam lontong dan kopi Indonesia disajikan oleh Nusa Coffee, yang paling banyak diminati oleh para tamu undangan. (Sumber: KJRI Vancouver).

You may also like...