Peduli Bencana Sulawesi, Komunitas Indonesia di Vancouver Galang Rangkaian Kegiatan Amal


Proses rehabilitasi dan pemulihan terhadap masyarakat dan wilayah yang terdampak akibat gempa dan tsunami yang melanda Palu, Donggala dan Sigi, tanggal 28 September 2018 lalu masih berlangsung sebagaimana halnya dengan solidaritas komunitas Indonesia di Vancouver. Komunitas Indonesia di Vancouver dan sekitarnya dengan dukungan KJRI Vancouver telah menyelenggarakan serangkaian acara penggalangan dana untuk membantu para korban gempa dan tsunami di Sulawesi.

Kegiatan yang bertajuk “United for Palu” dan “Care for Lombok” diselenggarakan di Richmond dan East Vancouver pada tanggal 17 dan 24 November 2018. Kedua kegiatan penggalangan dana tersebut dihadiri secara kumulatif oleh lebih dari 200 donatur dari kalangan pejabat menteri Pemerintah dan anggota Member of Legislative Assembly (MLA) Provinsi British Columbia (BC), pejabat BC consular corps, pengusaha setempat, serta masyarakat Kanada.

Saat acara Konsul Jenderal RI Vancouver, Dr. Tuti Irman, memberikan apreasi yang tinggi atas semangat solidaritas yang tinggi di kalangan diaspora Indonesia. Konjen RI juga berterima kasih kepada publik serta Pemerintah British Columbia serta Konsul Jenderal yang hadir dari ASEAN Consulates General in Vancouver, Amerika Serikat, Turki dan Ukraina atas berbagai ucapan simpati dan dukungan terhadap bencana gempa dan tsunami yang menimpa Sulawesi.  Lebih lanjut Konjen RI juga menyampaikan penghargaan kepada Pemerintah Kanada atas berbagai bantuan langsung yang telah disampaikan kepada para korban gempa di Palu.

Pada acara tanggal 17 November 2018, BC Minister for Jobs, Trade and Technology, Bruce Ralston, menyampaikan terimakasih kepada perwakilan Pemerintah BC yang turut hadir, panitia penyelenggara, serta warga Kanada yang berasal dari Indonesia. Menteri Ralston menegaskan perlunya menggalang solidaritas dan kepedulian bagi para korban bencana alam di Palu dan menekankan komitmen Pemerintah BC untuk mendukung upaya pemulihan para korban bencana.  

Acara penggalangan dana pada tanggal 17 dan 24 November tersebut selain diisi dengan charity dinner, silent auction; door prize, 50-50. Dalam acara tersebut juga ditayangkan film singkat mengenai bencana gempa dan tsunami serta penampilan band dan tari dari komunitas Indonesia. Jumlah dana yang terkumpul pada kedua kegiatan tersebut mencapai lebih dari CAD 16,000,- dan akan disumbangkan melalui Palang Merah Indonesia, Nurani Dunia, Aksi Cepat Tanggap dan ADRA. (Sumber: KJRI Vancouver)

You may also like...