Alunan Gamelan Jawa dalam SFU Spring Gamelan Concert di Vancouver, Kanada


Pada tanggal 3 April 2019, Simon Fraser University (SFU) yang berlokasi di kota Vancouver, bekerja sama dengan KJRI Vancouver telah menyelenggarakan konser gamelan bertemakan “Music and Sound Festival 2019” yang dibawakan oleh sekitar 40 mahasiswa kelas gamelan SFU School for the Contemporary Arts. Acara dihadiri sekitar 50 penonton yang merupakan masyarakat setempat pemerhati gamelan.

Konser gamelan di SFU School for the Contemporary Arts diselenggarakan setiap tahun  sebagai penutup kelas gamelan yang dibuka pada periode Januari sampai April. Seluruh mahasiswa kelas gamelan merupakan mahasiswa asal Kanada dan internasional berpartisipasi pada konser yang berlangsung selama kurang lebih 90 menit. Konser gamelan itu dipimpin oleh Dr. Sutrisno Hartana, seorang WNI yang berprofesi sebagai pengajar kelas gamelan di SFU.

Director of SFU School for the Contemporary Arts, Prof. Dr. Elspeth Pratt, pada sambutan pembukaan konser memberikan penghargaan atas pengajar kelas gamelan, Dr.  Sutrisno Hartana yang atas komitmen dan kerja kerasnya sehingga kelas gamelan di SFU dapat terselenggara secara rutin. KJRI mengapresiasi para mahasiswa atas ketekunan mempelajari musik gamelan sehingga mendukung kelestarian seni budaya Indonesia dan siap memfasilitasi apabila para siswa berniat untuk terus mendalami seni musik gamelan paska berakhirnya kelas mereka di bulan April.

Pada konser pada tahun 2019 kali ini menampilkan gamelan musik Jawa yang terbagi atas 4 (empat) sesi yakni Gangsara Kagok Liwung, Lancar Manyar Sewu, Landrang Ayun-Ayun serta Lumbung Desa, Sampak dan Ayak-Ayak. Pada kesempatan tersebut, hasil komposisi kontemporer gamelan yang direkam oleh 2 mahasiswa setempat juga diperdengarkan sebagai hasil karya musik gamelan selama mereka belajar di SFU. Selain pertunjukkan musik Gamelan, Dr Sutrisno juga menampilkan cerita wayang dengan karakter “Gareng” yang sangat menarik perhatian para pengunjung. (Sumber: KJRI Vancouver)

You may also like...