Antusiasme Tinggi Masyarakat Indonesia Peringati Nuzulul Qur’an di Vancouver, Kanada


Ibadah di bulan Ramadhan merupakan sesuatu yang istimewa dan selalu dinantikan oleh masyarakat muslim Indonesia yang bermukim di luar negeri. Walaupun tantangan waktu berpuasa di wilayah sekitar Vancouver, Kanada, yang hampir 18 jam lamanya, hal tersebut tidak menyurutkan keinginan warga masyarakat Indonesia untuk berpuasa termasuk menghadiri acara peringatan Nuzulul Qur’an pada tanggal 19 Mei 2019 yang bertempat di Aula KJRI Vancouver.

Acara peringatan Nuzulul Quran yang dihadiri lebih dari 150 orang ini diawali dengan pembacaan lantunan ayat-ayat suci Al-Quran beserta saritilawah yang dibawakan oleh perwakilan masyarakat Indonesia. Kegiatan ini dimanfaatkan untuk mendengarkan siraman rohani yang disampaikan oleh Imam Syamsi Ali yang bermukim jauh di kota New York. Dalam ceramahnya, Ustad Syamsi menyampaikan bulan Ramadhan sebagai bulan turunnya ayat suci Al Qur’an dan mengajak umat Islam untuk memperbanyak rasa syukur atas nikmat yang diberikan oleh Allah SWT serta menjadikan Al-quran sebagai petunjuk bagi manusia di atas muka bumi.

Setelah mendengarkan siraman rohani, acara kemudian dilanjutkan dengan berdoa dan berbuka puasa bersama serta ditutup dengan Shalat Maghrib berjamaah. Selain acara buka puasa yang diselenggarakan oleh KJRI, masyarakat muslim Indonesia di sekitar Vancouver secara bergiliran setiap Sabtu dan Minggu menyelenggarakan pengajian dan acara buka puasa bersama di rumah-rumah warga. (Sumber: KJRI Vancouver)

You may also like...