Semangat Masyarakat Vancouver Belajar Membatik


Di tengah hujan turun, semangat masyarakat di sekitar Vancouver tidak surut untuk menghadiri acara “Indonesian Batik Workshop: Experience Batik Painting” yang diselenggarakan pada tanggal 25 Mei 2019, di Museum of Vancouver, BC, Kanada. Kegiatan ini terselenggara atas inisiatif KJRI Vancouver bekerjasama dengan PERMAI BC dan Vancouver Asian Heritage Month Society dalam rangkaian ASIAN Heritage Month Festival yang dilaksanakan selama bulan Mei 2019 di Vancouver, Kanada.

Konsul Pensosbud, dalam sambutan pembukanya menyampaikan bahwa Batik merupakan salah satu Heritage Culture berasal dari Indonesia yang telah ditetapkan oleh UNESCO pada tahun 2009. Kain Batik dikenal dengan memiliki berbagai macam corak dan warna yang indah, namun masyarakat pada umumnya belum mengetahui bagaimana cara pembuatan batik tersebut. Workshop singkat ini diharapkan setidaknya dapat memberikan gambaran bagaimana proses pembuatan batik pada tingkat awal.

Batik workshop ini dipandu oleh diaspora Indonesia (Ibu Diandra Durando) yang menjadi narasumber sekaligus instuktur dalam peragaan untuk pembuatan batik, mulai dari proses menggambar hingga proses menuliskan malam (wax) pada kain cetakan gambar hasil karya masing-masing peserta. Hasil karya para peserta selanjutnya akan diproses pewarnaan sederhana yang akan dibantu oleh instruktur sehingga hasilnya akan menjadi buah tangan yang dapat dibawa pulang (Sumber: KJRI Vancouver).

You may also like...