Masyarakat Indonesia Rayakan Hari Kemenangan “Idul Fitri 1440 H” di Vancouver


Allahu Akbar.. Allahu Akbar.. Allahu Akbar..!! suara takbir yang ditunggu-tunggu oleh seluruh umat muslim pada saat perayaan hari Raya Idul Fitri. Momen hari kemenangan ini sesuatu yang istimewa dan selalu dinantikan oleh masyarakat muslim Indonesia yang bermukim di luar negeri. Antuasias masyarakat muslim Indonesia dan warga muslim asing nampak pada saat pelaksanaan sholat Idul Fitri 1440 H yang jatuh pada hari Selasa tanggal 4 Juni 2019 bertempat di Wisma Konsul Jenderal RI Vancouver, Kanada. Gema takbir dikumandangkan oleh para jemaah secara khidmat sebagai bentuk rasa syukur karena telah melampaui berbagai tantangan selama pelaksanaan ibadah bulan Ramadhan dengan rata-rata lama waktu puasa sekitar 18 jam setiap harinya.

Kegiatan sholat Idul Fitri yang dimulai pukul 09.15 diikuti oleh sekitar 150 orang warga muslim Indonesia di Vancouver dan sekitarnya, serta beberapa orang warga asing. Bertindak sebagai imam dan khatib dalam sholat tersebut Ustadz Hadhimulya Asmara, diaspora Indonesia yang bermukim di kota Calgary, Provinsi Alberta. Dalam khutbahnya Ustadz Hadhi menyampaikan bahwa perlunya umat muslim untuk senantiasa meningkatkatkan takwa dengan selalu beribadah dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Pada tanggal 8 Juni 2019, KJRI Vancouver juga menyelenggarakan open house dalam rangkaian kegiatan halal bihalal yang dihadiri oleh sekitar 350 masyarakat yang hadir dalam acara tersebut berasal dari berbagai kalangan yakni  pelajar/mahasiswa, pekerja, diaspora Indonesia, organisasi keagamaan lainnya (Kelompok Pengajian BC dan organisasi gereja Indonesia), keluarga besar KJRI Vancouver. Kesempatan tersebut dimanfaatkan oleh warga untuk mempererat silaturahmi sekaligus menikmati berbagai hidangan lebaran seperti lontong sayur, sate ayam, rendang, kue lapis dan es teler yang dipersiapkan oleh KJRI Vancouver. Selain masyarakat Indonesia, Konjen RI juga mengundang secara khusus perwakilan dari Konsulat negara-negara ASEAN di Vancouver dalam acara open house kali ini. (Sumber: KJRI Vancouver)

 

You may also like...