Tarian dan Kuliner Indonesia Warnai Silk Road Festival, Vancouver, Kanada


KJRI Vancouver pertama kali mengikuti acara Silk Road Festival yang diselenggarakan di pusat kota Vancouver, Provinsi British Columbia (BC), Kanada pada tanggal 6-7 Juli 2019. Festival ini dibuka oleh Deputi Walikota yang sekaligus sebagai Councillor, Mr. Pete Fry, yang menyampaikan apreasiasi dan selamat atas penyelenggaraan Silk Road Festival yang telah berperan mempromosikan Vancouver sebagai salah satu kota yang menghormati dan merayakan keberagaman kultur serta budaya.

KJRI Vancouver pada festival kali ini membuka paviliun kuliner dengan menggandeng vendor yaitu Nusa Coffee, Indofood Canada dan diaspora Indonesia yang menyajikan menu utama nasi bakar rendang, Indomie goreng wrap dan kue tradisional seperti putu ayu dan risoles. Selain makanan, pavilion Indonesia juga menyajikan kopi khas Indonesia dari Nusa Coffee dan minuman tradisional kolang-kaling (KOKAL) yang merupakan produk dari Mustika Ratu Canada.

Selain membuka paviliun, KJRI Vancouver juga bekerjasama dengan tim tari “Sampan Bujana Sentra” (SBS) dari Jakarta, Indonesia untuk tampil selama dua hari penyelenggaraan festival. Tim tari SBS dengan dukungan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI yang terdiri dari 11 orang menampilkan 4 tarian lepas (Pelegongan Mesatya, Kiprah Glipang, Lenggang Nyai, Topeng Tua) dan 2 Sendratari (Shinta Hilang dan Rahwana Gugur).

Tim tari SBS dengan grup Gamelan KJRI Vancouver juga tampil dalam acara utama pertunjukkan wayang kulit di Museum of Anthropology pada tanggal 7 Juli 2019. Penampilan seni dan budaya Indonesia ini merupakan kerjasama dalam rangka mempromosikan seni budaya Indonesia bagi para turis yang datang mengunjungi museum setiap akhir pekan.

KJRI Vancouver bersama Tim tari SBS juga berkesempatan selenggarakan workshop tari singkat dengan tema “Pelegongan Mesatya” di Aula KJRI Vancouver pada tanggal 8 Juli 2019 yang dihadiri oleh para penari diaspora Indonesia yang berdomisili di kota Vancouver maupun Calgary. (Sumber: KJRI Vancouver).

You may also like...