Indonesia Juara “the Best Pavilion” pada Surrey Fusion Festival 2019 di Kanada


Terik matahari pada musim panas di Kanada kali ini, tidak menyurutkan lebih dari 100.000 pengunjung untuk meramaikan 2 hari festival terbesar di Provinsi British Columbia, Kanada. Festival ini merupakan kegiatan rutin tahunan untuk merayakan keragaman etnis dan budaya dengan partisipan mencapai 55 negara dan entitas, termasuk tuan rumah Kanada dan komunitas First Nations (Indigenous Village).

Seperti tahun sebelumnya, KJRI Vancouver kembali mengikuti festival yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Surrey, pada tanggal 20-21 Juli 2019 di Holland Park, Surrey. KJRI Vancouver membuka 2 (dua) paviliun yakni paviliun kuliner dan kesenian Indonesia. Pada paviliun kuliner KJRI Vancouver menggandeng 3 (tiga) vendor yaitu (a) diaspora Indonesia dari komunitas Pengajian BC yang menyajikan menu sate ayam dan nasi goreng; (b) Nusa Coffee Company Bersama Indofood Canada yang menyajikan menu burrito wrap noodles, nasi bakar dan kopi Indonesia; dan (c) Mustika Ratu Kanada dengan Taman Sari Heritage Spa yang menyediakan minuman khas Indonesia dengan merk KOKAL (kolang-kaling).

Pada paviliun kesenian, KJRI Vancouver mengikutsertakan Dharma Wanita Persatuan, Eksotika Design, Bella’s Batix yang menjual berbagai produk batik, aksesoris serta produk-produk kerajinan dan kehadiran pertama kali vendor Bali Bites yang menjual produk saus bumbu kacang dan sambal bajak khas Indonesia.

Selain membuka paviliun, KJRI Vancouver juga menyertakan kelompok penari dari masyarakat Indonesia setempat dan Yayasan Belantara Budaya Indonesia dari Jakarta untuk tampil pada penyelenggaraan festival. Kelompok tari masyarakat Indonesia yang terdiri atas 4 (empat) pelajar dan mahasiswa Indonesia menampilkan yaitu tari Bidadari Timur dari Sulawesi Selatan, sedangkan 3 (tiga) penari dari Yayasan Belantara Budaya Indonesia menampilkan 2 tarian yaitu Kembang Jatoh dan Kinang Kilaras dari Betawi.

Pada penyelenggaraan tahun ini, Indonesia pertama kali berhasil tampil sebagai juara 1 (pertama) the best pavilion tahun 2019 yang diberikan oleh Pemerintah Kota Surrey. Hal ini merupakan pencapaian yang tertinggi selama mengikuti festival tersebut yang sudah ada sejak tahun 2008. Selama 2 (dua) hari festival, KJRI Vancouver mencatat peningkatan respon pengunjung terhadap paviliun kuliner Indonesia karena berhasil menjual lebih dari 4000 tusuk sate dan 2880 botol minuman KOKAL (Sumber: KJRI Vancouver).

You may also like...