Pertemuan Perdana Duta Besar RI dengan Diaspora Indonesia di Calgary dan Vancouver


Pertemuan dengan masyarakat Indonesia kali ini terasa berbeda mengingat kehadiran pertama kali Duta Besar RI untuk Kanada dan ICAO, Bapak Abdul Kadir Jailani pada tanggal 30 Juli 2019 di kota Calgary, Provinsi Alberta dan pada tanggal 2 Agustus 2019 di Vancouver, Provinsi British Columbia. Pada saat pertemuan, Duta Besar menyampaikan pesan yang sangat jelas dan mendasar dimana seluruh elemen masyarakat merupakan mitra kerja KBRI Ottawa maupun KJRI Vancouver. Hal lain yang sangat penting yang disampaikan Duta Besar RI adalah adanya rasa persaudaraan dan saling bergotong-royong, mengingat terdapat beberapa organisasi kemasyarakatan mulai dari kelompok agama sampai kelompok budaya.

Dijelaskan pula mengenai tugas Perwakilan RI yang melingkupi diplomasi ekonomi, public outreach, perlindungan WNI dan BHI serta mengutamakan pelayanan bagi masyarakat Indonesia di luar negeri. Pada sesi tanya jawab, Duta Besar menjelaskan mengenai dwi kewarganegaraan yang hingga saat ini masih belum berlaku di Indonesia. Hal tersebut masih perlu mendapat asesmen dari pemangku kepentingan yang mempertimbangkan banyak faktor termasuk aspek keamanan.

Pada kesempatan pertemuan masyarakat di Vancouver, Duta Besar RI juga menyampaikan ucapan selamat dan memotong tumpeng sebagai rasa syukur atas keberhasilan KJRI Vancouver bersama Diaspora Indonesia dalam meraih juara pertama “the best pavilion” pada Surrey Fusion Festival 2019 yang lalu.

Dalam kunjungan ke Calgary, Duta Besar RI juga membuka acara Indonesia – Alberta Business Forum “Opportunities in the Energy Sector and Beyond” pada tanggal 30 Juli 2019. Kemudian selama di Vancouver pada tanggal 2 Agustus 2019, Duta Besar RI bertemu Hon. Minister Bruce Ralston dengan didampingi Konsul Jenderal RI Vancouver. Selain itu, Duta Besar RI juga berkesempatan bertemu dengan Assistant Prof. Kai Ostwald dan Prof. Richard Barichello di Southeast Asian Research Center University of British Columbia (UBC). Pertemuan membahas peningkatan kerjasama di bidang pendidikan antara Indonesia dengan Kanada khususnya dengan UBC yang berada di Provinsi BC. (Sumber: KJRI Vancouver).

You may also like...