Pelayanan Pembaharuan Paspor SIMKIM Mobile bagi WNI di Calgary dan Edmonton, Provinsi Alberta


Pada tanggal 3-4 Agustus 2019, pelayanan perdana SIMKIM Mobile Fungsi Konsuler KJRI Vancouver dilakukan bagi warga Indonesia yang bermukim di Calgary, Provinsi Alberta. Sebanyak 56 warga dengan antusias datang untuk pengambilan data biometrik dan wawancara sebagai syarat kelengkapan pembaharuan paspor atau Surat Perjalanan RI (SPRI).

Warga menyampaikan apresiasi yang tinggi atas upaya Pemerintah RI dalam menyediakan layanan SIMKIM secara mobile untuk menjangkau kota di mana mayoritas warga Indonesia berdomisili. Dengan demikian, warga yang harus melakukan pengambilan data biometrik seperti foto dan sidik jari serta wawancara langsung, tidak harus datang langsung ke kantor KJRI di Vancouver.

Banyaknya aplikan pembaharuan paspor yang mendaftarkan diri membuat pelayanan yang sedianya dilakukan selama satu hari ini yaitu pada Minggu, 4 Agustus 2019, ditambah menjadi  2 hari yaitu pada Sabtu, 3 Agustus 2019.

Pada hari pertama, sebanyak 16 warga hadir untuk pengambilan data biometrik dan wawancara oleh petugas Konsuler mulai dari pukul 3 sore sampai dengan 6.30 sore.

Pada hari ke-2, pelayanan yang direncanakan pada pukul 8 pagi sempat terkendala selama beberapa jam akibat padamnya listrik di Jakarta sehingga mengganggu koneksi jaringan di Ditjen Imigrasi, Kemenlu dan Telkom. Namun selanjutnya, pengambilan data biometrik warga dapat berjalan dengan baik sampai dengan pukul 6 sore. Sebanyak 40 warga berhasil didata pada hari ke-2 tersebut.

“Terima kasih kepada KJRI Vancouver karena telah menyediakan layanan mobile ke Calgary, sehingga saya bersama keluarga tidak harus ke Vancouver karena biaya tiket yang mahal”, demikian ujar Bu Diana Chairul setelah pengambilan data biometrik bersama anaknya.

Pelayanan hari ke-2 juga diramaikan dengan Mini Bazaar makanan Indonesia sehingga masyarakat yang hadir dapat menikmati Nasi Padang, serta beragam jajanan pasar khas Indonesia seperti lumpia, resoles, lemper, pisang goreng, dadar gulung, lopis, rempeyek, es teler, dan es cendol.

Keberhasilan penyelenggaraan kegiatan di kota ini tidak terlepas dari kerjasama erat antara KJRI Vancouver dengan masyarakat Indonesia di Calgary khususnya yang tergabung dalam Canada-Indonesia Social Club (CISC). 

Selain Pelayanan Simkim Mobile KJRI Vancouver juga melakukan Sosialisasi Lapor Diri WNI di Luar Negeri melalui Portal Peduli WNI sebagai upaya ‘Satu Data Indonesia’ khususnya bagi WNI di luar negeri yg terintegrasi dengan data Kemenlu dan Kemendagri(SIAK).

Selain Calgary, KJRI Vancouver kembali menyelenggarakan kegiatan pengambilan Biometrik Simkim Mobile, sosialisasi SIMKIM dan lapor diri melalui Portal Peduli WNI di Luar Negeri di kota Edmonton, Provinsi Alberta pada tanggal 9-10 Agustus 2019. Pengambilan biometrik dan wawancara berhasil dilakukan kepada 51 warga yang berdomisili di Edmonton dan sekitarnya, termasuk Fort McMurray dan Grande Prairie. Keberhasilan pelayanan tidak terlepas dari kerjasama antara KJRI Vancouver dan EICA. (Sumber: KJRI Vancouver)

You may also like...