Kunjungan Tim Kemendagri ke Vancouver dalam Upaya Peningkatan Human Capital Development Indonesia


Tim Ditjen Dukcapil, Kemdagri yang diketuai oleh Direktur Bina Aparatur Kependudukan dan Pencatatan Sipil, mengadakan kunjungan ke Vancouver dan Victoria dalam rangka Penyusunan Grand Design Adminstrasi Kependudukan (Adminduk) dan Peningkatan Human Capital Adminduk pada tanggal 25-31 Agustus 2019. Hal ini mempertimbangkan bahwa Kanada merupakan salah satu negara dengan rating indeks Human Capital Development World Bank tertinggi bersama Swedia, Estonia, Korea Selatan dan Australia.

Selama kunjungan, delegasi bertemu dan saling bertukar-pikiran dengan beberapa Kementerian/ Lembaga Pemerintah terkait isu dimaksud, baik yang berada di Vancouver maupun yang berkantor di Victoria, Vancouver Island, ibukota Provinsi British Columbia yaitu Ministry of Advanced Education, Skills and Training (AEST) Canada, BC Vital Statistics, Pusat pelayanan Service Canada Center dan Call Center di Vancouver yang berada di bawah Ministry of Employment and Social Development, Canada.

Pada dasarnya, sistem pencatatan sipil Kanada sama dengan Kanada, namun diakui oleh pejabat BC Vital Statistics bahwa sistem biometrik yang dilakukan untuk perekaman e-KTP jauh lebih maju dibandingkan Kanada yang baru akan menginisiasi sistim digital tersebut.

Kegiatan lain yang telah dilakukan adalah sosialisasi dan pembinaan aparatur penyelenggara urusan Administrasi Kependudukan (Adminduk) bagi WNI di luar negeri terkait peraturan dan kebijakan Adminduk terbaru dalam hal ini kepada staf Fungsi Konsuler KJRI Vancouver.

Selain itu telah dilakukan pula uji coba perlengkapan biometrik Nomor Induk Kependudukan (NIK)/ Nomor Induk Terpadu (NIT) yang telah diterima oleh KJRI Vancouver dari Direktorat Perlindungan WNI/BHI, Kemenlu berupa kamera digital, pemindai retina dan perekaman sidik jari. Uji coba dimaksud berhasil dilakukan. Dengan demikian, diharapkan KJRI Vancouver telah dapat memulai pelayanan penerbitan NIK/NIT dalam waktu dekat. (Sumber: KJRI Vancouver)

You may also like...