Menteri Perdagangan Provinsi BC, Kanada, Tekankan Pentingnya Indonesia di ASEAN


KJRI Vancouver telah menyelenggarakan resepsi peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-74 pada tanggal 4 Oktober 2019 yang dihadiri oleh sekitar 200 tamu undangan dari berbagai kalangan yakni Senator, 3 Menteri, Walikota Burnaby, Wakil Walikota Vancouver, City Counsellor (anggota dewan kota), Member of Legislative Assembly, Consular Corps, akademisi, pelaku usaha dan diaspora Indonesia. Resepsi yang diselenggarakan di Vancouver Community College tersebut dihadiri oleh Hon. Bruce Ralston, Minister of Jobs, Trade and Technology selaku Guest of Honour. Acara resepsi diawali dengan dinyanyikannya lagu kebangsaan oleh kelompok paduan suara diaspora Indonesia yang membawakan “Indonesia Raya” dan “O Canada”.

Mengawali sambutannya, Konjen RI menyampaikan bahwa Provinsi BC merupakan satu-satunya Provinsi di wilayah Pasifik yang mempunyai potensi yang besar dalam bidang ekonomi, sosial dan budaya. Konjen RI juga menyampaikan pentingnya hubungan kerja sama sektor Pendidikan yang terus tumbuh positif, hal ini tercermin pada tahun 2017-2018, sebanyak 61% pelajar Indonesia lebih memilih Provinsi BC sebagai tujuan utama di wilayah Kanada. Maka dari itu, Konjen RI juga menyatakan komitmen Pemerintah Indonesia melalui KJRI Vancouver untuk lebih meningkatkan interaksi pada sektor pendidikan. Dalam kesempatan yang penting tersebut, Konjen RI juga menyampaikan secara khusus bahwa peringatan HUT RI kali ini juga berdekatan dengan 10 tahun peringatan Batik pada tanggal 2 Oktober sebagai UNESCO’s Intangible Cultural Heritage of Humanity List.

Mewakili Pemerintah BC, Hon. Bruce Ralston menyampaikan ucapan selamat dari Pemerintah BC atas peringatan HUT kemerdekaan RI ke-74 dan mengharapkan hubungan bilateral antara Indonesia dan Provinsi BC dapat semakin meningkat di masa mendatang. Selain itu, Hon. Bruce Ralston menyampaikan bahwa Indonesia merupakan negera penting di wilayah Asia Tenggara bagi Provinsi BC, hal ini ditandai dengan telah 3 tahun berdirinya Kantor Perwakilan BC di Jakarta yang terus meningkatkan intensitas hubungan perdagangan, investasi, pendidikan dan teknologi antara kedua negara.

Dalam rangkaian acara resepsi tersebut juga ditampilkan fashion show dengan tema “Batik” Tari Kalimantan “Kancet Lasen” yang dibawakan oleh para pelajar dan Gamelan Jawa oleh diaspora Indonesia. Selagi menyaksikan penampilan fashion show, tari dan musik, para tamu disuguhkan kuliner khas Indonesia yang dibuat atas kerjasama antara komunitas “Kuliner Initiative” diaspora Indonesia dengan para pelajar Vancouver Community College (VCC), seperti sate ayam, soto ayam, bakwan jagung, lumpia, gado-gado, tempe mendoan dan kue singkong. Penampilan fashion show, gamelan, penari dan kuliner Indonesia tersebut mendapat sambutan yang positif dari para tamu yang hadir pada acara resepsi tersebut. (Sumber: KJRI Vancouver)

You may also like...